HINDARI KONFLIK SEBISA MUNGKIN

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Oleh: Muhammad Taufiq Lubis

MUDANews.com – Paling tidak sekali dalam hidup, kita pernah mengalami konflik dengan orang lain. Apakah dengan teman, atasan, bawahan, atau bahkan orang-orang yang kita cintai. Penyebabnya sering kali bermuara pada perbedaan sikap, pendapat, dan cara pandang suatu persoalan.

Mengapa sampai muncul perbedaan sikap antara seseorang dengan yang lain terhadap satu hal yang sama? Mengapa karakter atau watak setiap orang berlainan? Bagaimana cara menghadapi setiap perbedaan tanpa harus terlibat perseteruan?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas setidaknya kita harus mempelajari karakter dan tipe seseorang terlebih dahulu. ada beberapa karakter dan tipe seseorang, yaitu :

  1. Tipe Pekerja

Menggambarkan orang yang selalu mengejar kesempurnaan. Mereka biasanya memperhatikan segala sesuatu sampai sedetail-detailnya. Tak mudah menyerah meski harus menanggung beban berat. Namun karena menuntut setiap orang juga harus sempurna, mereka cenderun mencari-cari kesalahan. mereka amat sensitif terhadap berbagai kesalahan-kesalahan atau perlakuan tidak adil.

  1. Tipe Penolong

Yaitu orang yang amat bersahabat, penuh perhatian, dan rela melayani sesama. Mereka selalu berusaha keras untuk berbuat baik pada sesama. Namun, bila sampai dikecewakan atau dikritik lantaran terlalu mencampuri urusan orang lain, mereka akan marah. Bawah sadarnya dihantui ketakutan terbuang dari lingkungannya. Itulah sebabnya, mereka berusaha agar hidupnya berarti bagi orang lain.

  1. Tipe Individualis

Yaitu orang yang selau menempatkan keunikan diri, kreativitas, dan emosi pada tingkat yang paling tinggi. Karena melihat dirinya sebagai insan yang berbeda dengan orang lain, mereka tidak senang pada hal yang biasa-biasa saja. Baginya setiap orang harus punya keunikan yang menonjol. Mereka terobsesi bekerja dengan caranya sendiri yang unik, sehingga lebih suka menutup pintu untuk kerja sama dengan orang lain.

  1. Tipe Pemikir

Biasanya pintar, berpikir analitis, dan tegas dalam mengambil keputusan, namun miskin dalam pergaulan. Boro-boro harus meluangkan waktu untuk bertukar pikiran atau perasaan dengan orang lain, perhatiannya pada bidangnya melulu. sayangnya, meski intelektualitasnya tak diragukan, mereka malas bekerja. Bahasa kerennya no action, talking only.

  1. Tipe Pemimpin

Yaitu orang yang dikaruniai kekuatan dan mempengaruhi orang, namun cenderung tampil kejam terhadap dunia sekitarnya. Mereka tidak mau kompromi dengan apa yang telah diyakininya. Kalau memegang kekuasaan, bisa berbahaya, karena cenderung otoriter.

Setelah kita mengetahui tipe dan karakter orang yang kita hadapi, setidaknya kita berhati-hati dan dapat mensiasati apa yang harus kita bicarakan dan lakukan. setidaknya konflik atau ketegangan bisa sedikit teratasi. Semoga bermanfaat.[jo]

- Advertisement -

Berita Terkini