Jumlah Sekolah yang Menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer Meningkat Drastis di Tahun 2017

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Wahyu Panjaitan

MUDANews.com, Depok (Jabar) – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017 mendatang mengalami peningkatan. Sebelumnya, pada tahun 2015 hanya 500 sekolah dan tahun 2016 menjadi 4.400 sekolah yang menerapkan UNBK.

Untuk tahun ini, peningkatan terjadi hingga 23.380 sekolah yang akan menerapkan UNBK.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Penilaian pendidikan (Puspendik) Kemendikbud, Nizam, saat jumpa pers Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) di Depok, Jawa Barat, Kamis (26/1).

“Sampai tadi pagi datanya sudah mencapai 28.380 sekolah yang siap melaksanakan UNBK. Di tingkat SMP ada 10.466 sekolah, SMA ada 8.563 sekolah, dan SMK ada 9.351 sekolah,” terangnya

Peningkatan tersebut dijelaskan Nizam disebabkan oleh keputusan sekolah-sekolah yang sebenarnya tidak memiliki fasilitas komputer namun menginduk ke sekolah yang menerapkan UNBK.

“Peningkatan bisa terjadi karena sekolah-sekolah yang tidak memiliki fasilitas komputer memutuskan untuk menginduk ke sekolah yang menjalankan UNBK,” jelasnya.

Nizam menambahkan, selain dapat meminimalisir kecurangan, UNBK juga menghabiskan logistik (dana) yang lebih sedikit daripada Ujian Nasional berbasis kertas.

“Logistiknya sangat luar biasa. Ujian nasional berbasis kertas dan pensil menjadi kerja logistik terbesar kedua setelah pemilu,” tandasnya.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini