Mendikbud: Agar Damai dan Sejahtera, Mari Kita Tingkatkan Pendidikan Karakter

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Wahyu Panjaitan

MUDANews.com, Jakarta – Menurut Pusat Bahasa Depdiknas, pendidikan karakter adalah bawaan, hati, jiwa, keperibadian, budipekerti, perilaku, personalitas, sifat, tabiat, temperament dan juga watak.

Hal ini sejalan dengan yang diharapkan oleh Mendikbud saat memberikan sambutan pada perayaan Natal tahun 2016 dan tahun baru 2017, di kantor Kemendikbud, Jakarta, seperti yang dimuat di situs resmi kemendikbud, Jum’at (13/1).

“Mari bersama-sama kita wujudkan cita-cita perdamaian, dan kesejahteraan di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,”ajaknya kepada seluruh tamu dan undangan.

Pada kesempatan ini, Mendikbud Muhadjir juga menghimbau kepada seluruh pegawai khususnya di Kemendikbud untuk mewujudkan tanggung jawab dengan terus menjaga integritas, bekerja dengan jujur, dan disiplin.

“Selain itu juga kita dapat bekerja dengan cerdas, dengan memanfaatkan sarana teknologi informasi, sehingga tugas dan tanggung jawab yang kita laksanakan dapat lebih efektif dan berdaya guna bagi masyarakat dan bangsa,” pesan Mendikbud.

Mendikbud juga mengajak kepada para tokoh agama, tokoh masyarakat, pemimpin dunia usaha/indutri, orang tua siswa, seniman dan budayawan, dan seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikan dan kebudayaan untuk mengambil bagian dalam pendidikan yang berkebudayaan di lingkungan masing-masing.

“Kita dapat memberikan contoh sebagai pribadi yang menginspirasi dalam membangun karakter positif bagianak-anak sebagai generasi penerus bangsa, agar nantinya mereka menjadi angkatan kerja yang memiliki daya saing tinggi dalam memajukan bangsa dan negara,” pesan Mendikbud.

Turut hadir dalam acara ini Ibu Suryan Widati Muhadjir Effendy, Inspektur Jenderal Kemendikbud Daryanto, Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud Totok Suprayitno, dan Kepala Museum Nasional Intan Mardiana selaku ketua perayaan Natal 2016 dan tahun baru 2017, serta pejabat eselon 2, 3, dan 4 di lingkungan Kemendikbud.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini