Guru Parmalim Tobasa Terima Pelatihan Active Learning

Guru Parmalim
Guru Parmalim gandeng USAID guna kembangkan Pendidikan

MUDANEWS.COM, Tobasa – Menggandeng USAID PRIORITAS, masyarakat Parmalim mulai menerapkan pembelajaran berkelas dunia. Sebanyak 53 orang guru Parmalim dari tingkat SD, SMP dan SMA dilatih agar mampu menerapkan pembelajaran aktif (active learning).

“Minggu lalu kami memfasilitasi pelatihan active learning bagi guru-guru Parmalim di Porsea, Toba Samosir. Kami senang sekali bisa bekerjasama dengan kelompok masyarakat seperti Parmalim untuk menyediakan pendidikan berkualitas,” terang Juru Bicara USAID PRIORITAS Sumut Erix Hutasoit di Medan, Rabu (28/12) sore.

Sedangkan Korda USAID PRIORITAS, Tobasa Anwar Situmorang mengatakan Punguan Parmalim merupakan aliran kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang tersebar di sekitar Danau Toba. Sejak tahun 1937 Punguan Parmalim telah aktif mendidik generasi muda batak penganut kepercayaan Parmalim. Mereka memiliki kelompok belajar yang tersebar di beberapa kecamatan di Tobasa.

”Pelatihan ini kami tujukan kepada guru-guru yang khusus mendidik anak-anak Parmalim melalui kelompok belajar. Guru menjadi kunci keberhasilan belajar anak. Semakin baik keterampilan guru mengajar, semakin baik pula mutu pembelajaran yang diberikan,” terangnya.

Atas hal tersebut, Kadis Pendidikan Tobasa Lalo Hartono Simanjuntak turut mengapresiasi langkah Punguan Parmalim. Dengan menerapkan active learning maka proses pembelajaran anak-anak Parmalim akan sama dengan pembelajaran di sekolah umum.

“Dinas Pendidikan Tobasa akan terus berkomitmen mendukung kelompok-kelompok belajar yang dibina oleh Punguan Parmalim ini. Saya menyarankan nantinya kelompok-kelompok belajar ini bisa berkumpul dari beberapa kecamatan dan membentuk satu sekolah kecil,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Parmalim Tobasa, Monang Naipospos menerangkan bahwa penyelenggaran pendidikan oleh Parmalim telah disetujui Kemendikbud pada tahun 2015.

”Sedangkan pusatnya sendiri ada di Desa Huta Tinggi, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba Samosir. BAPPAR Parmalim selaku bidang yang khusus menangani pendidikan ini akan terus fokus mengembangkan keterampilan tenaga pendidik agar bisa mengajar lebih kreatif dan inovatif, salah satunya adalah melalui pelatihan ini,” tandasnya. Berita Sumut/MN