Live Streaming Honda DBL 2019, Dapat Ratusan Ribu Viewer
ANTUSIAS: Suasana kemeriahan laga final Honda DBL 2019 Seri Kalimantan Timur di GOR Segiri, Samarinda, Sabtu (3/8) lalu.

MUDANEWS.COM, Medan – Honda DBL (Developmental Basketball League) 2019 di 6 kota mencapai fase puncak Sabtu lalu (3/8/2019). Padang (Seri Sumatera Barat), Banjarmasin (Seri Kalimantan Selatan), Samarinda (Seri Kalimantan Timur), dan Kupang (Seri Nusa Tenggara Timur) melangsungkan babak final. Sedangkan Bekasi dan Cirebon yang merupakan rangkaian Seri Jawa Barat, melangsungkan Fantastic Four untuk mencari wakil dari masing-masing region ke fase selanjutnya.

Total ada 16 pertandingan di 6 kota tersebut. Semua laga ditayangkan secara livestream. Melalui aplikasi DBL Play. Hanya berbekal smartphone dengan koneksi internet yang lancar, anak-anak dari seluruh pengujung Indonesia bisa menyaksikannya.

Banyak komentar positif para penonton livestream. Mereka mengapresiasi inovasi baru DBL Indonesia. Kehadiran livestream ini tentu sangat bermanfaat, anak-anak dari Aceh sampai Papua kini juga bisa belajar lewat pertandingan yang mereka tonton. Bukan hanya itu, para peserta yang sedang bertanding pun bakal lebih termotivasi, karena merasa ditonton orang se-Indonesia. Hingga Senin (5/8/2019), tayangan langsung pertandingan Honda DBL 2019 itu telah dilihat 131 ribu viewer lebih.

Pendukung setia SMA Regina Pacis Bajawa, yang akhirnya keluar sebagai juara Honda DBL East Nusa Tenggara Series 2019 juga sangat menyambut senang tayangan livestream itu. Mereka tak perlu kesulitan lagi untuk dating langsung ke venue di GOR Flobamora Kupang untuk mendukung langsung, karena perjalanan dari sekolahnya menuju ke kota Kupang membutuhkan waktu belasan jam.

Animo penonton di seluruh kota saat pertandingan berlangsung juga tidak surut melainkan semakin heboh, meskipun pertandingan juga bisa di tonton melaluilivetsream. Bahkan riuhnya sorak sorai penonton berulang kali terekam kamera livestream dan semakin menambah hawa panas pentonton dari layar smartphone.

Tidak mudah bagi DBL menyenggarakan livestream serentak 16 pertandingan langsung dari 6 kota. Semua tim terlibat dalam menyukseskan program tersebut. Tentu ada kekurangan yang akan menjadi evaluasi perbaikan. Terutama terkait traffic.

“Sebenarnya kami telah melakukan antisipasi dengan menaikkan kapasitas server di DBL Play beberapa kali lipat. Tapi ternyata load traffic melebih ekspektasi,” ujar Aziz Hasibuan, General Manager DBL Indonesia rilis yang terima MUDANEWS.COM.

Kenaikan traffic DBL Play memang luar biasa. Bahkan, sepanjang hari Sabtu (3/8/2019) lalu aplikasi DBL Play menjadi salah satu aplikasi yang paling dicari serta menempati Top Charts App Store kategori free apps sports hingga hari ini (5/8). Berada di posisi pertama, mengalahkan aplikasi Premier League – Official App.

Masih tersisa 88 pertandingan puncak Honda DBL 2019 dari Aceh hingga Papua, yang akan disiarkan secara livestream (jadwal terlampir,Red.). Semua pertandingan tersebut dapat disaksikan melalui aplikasi DBL Play yang dapat diunduh lewat Play Store dan App Store. Selain itu hasil pertandingan up-to-date serta berita disetiap pertandingan juga dapat diakses secara langsung. Berita Medan, red