Pudarnya Permainan, UPTD Pendidikan Pamarican Gelar Otrad
Anak-anak ikutin permainan

MUDANEWS.COM, Ciamis – UPTD Pendidikan Kecamatan Pamarican, melalui Ikatan Guru Olah Raga (IGORA) Kecamatan Pamarican, menggelar kegiatan Lomba Olahraga Tradisional (Otrad).

Kegiatan tersebut berlangsung di Lapangan Dita Kerti, Desa Pamarican, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (17/07/2019).

Kegiatan ini dilakukan guna melestarikan, dan menumbuhkan minat para pelajar pada Permainan Tradisional.

Lomba Olahraga Tradisional (Otrad) ini diikuti oleh ratusan siswa Sekolah Dasar (SD), utusan dari 36 Sekolah, yang ada diwilayah Kecamatan Pamarican.

Ketua IGORA Kecamatan Pamarican, Nanang Sukmana, S.Pd., mengatakan ada 5 jenis Olahraga Tradisional yang dilombakan dalam kegiatan ini.

Lima permainan traditional tersebut yaitu, Lomba Egrang, Bakiak/Terompah Panjang, dan Hadang, Dogongan, dan Sumpitan.

Masing-masing perlombaan tradisional ini diikuti oleh para Siswa – Siswi SD, dari cabang putra dan putri.

“Tujuannya, untuk melestarikan budaya permainan anak. Memperkenalkan Olahraga Tradisional yang sudah hampir dilupakan,” jelasnya.

Pudarnya Permainan, UPTD Pendidikan Pamarican Gelar Otrad
Siswi mendapatkan pengarahan dari guru

Nanang, berharap dengan adanya perlombaan Olahraga Tradisional ini, diharapkan mampu memberikan wawasan, dan pengetahuan kepada para pelajar, bahwa zaman dahulu ada permainan tradisional yang bisa dimainkan dengan menyenangkan.

“Ketika anak-anak bisa bermain dengan gembira, harapannya, mereka akan cinta dengan Olahraga Tradisional ini,” tandasnya.

Untuk para peserta yang meraih Juara pada ajang perlombaan ini, nantinya akan diikutsertakan pada ajang perlombaan yang sama di Tingkat Kabupaten Ciamis, yang akan dilaksanakan pada Sabtu 27 Juli 2019 mendatang, sebagai utusan perwakilan dari Kecamatan Pamarican. Berita Ciamis, BQ