Korea Selatan menduduki peringkat pertama kualifikasi Piala Asia U-19 2018 Grup F. (Dok. PSSI)

MUDANEWS.COM, Paju – Timnas Korea Selatan (Korsel) memastikan satu tempat pada putaran final Piala Asia U-19 yang akan berlangsung di Indonesia tahun depan. Negara pengoleksi gelar juara Piala Asia U-19 terbanyak menjadi juara Grup F setelah menundukkan Malaysia 3-0.

Dalam pertandingan terakhir di fase kualifikasi yang berlangsung di Stadion Paju, Korea Selatan, tim tuanrumah berhasil membuka keunggulan di menit ke-11 melalui sundulan Um Wonsang menyelesaikan umpan Cho Young Wook.

Menjelang babak pertama berakhir wasit menunjuk titik putih. Shivan Pillay Asokan dianggap melangaar Cho Young Wook. Pemain bernomor punggung 10 itu mengeksekusi sendiri penalti yang berbuah gol dan mengubah kedudukan menjadi 3-0.

Korea menjadi pemimpin klasemen Grup F setelah menyapu bersih empat laga dengan kemenangan tanpa sekalipun kebobolan. Peringkat pertama mendapat jatah langsung lolos ke putaran final.

Sedangkan Malaysia yang menempati peringkat kedua dengan sembilan poin belum dapat dipastikan mendapat tiket. Malaysia akan tampil di putaran final seandainya tergabung dalam lima runner-up terbaik.

Indonesia yang ada di peringkat ketiga dalam klasemen kualifikasi Grup F mendapat jatah lolos sebagai tuan rumah.

Dua negara lain yang penghuni Grup F, Timor Leste dan Brunei Darussalam, akhirnya mendapat satu poin setelah bermain imbang di laga terakhir.