Para pemain Indonesia U-19 bersalaman dengan pemain Malaysia U-19 usai laga Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 di Stadion Public, Paju, Senin (6/11). Indonesia kalah 1-4 dari Malaysia. (AFP/Kim Doo-Ho)

MUDANEWS.COM, Paju – Timnas Indonesia U-19 menyerah 1-4 dari Malaysia pada pertandingan Grup F Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 di Stadion Paju, Korea Selatan, Senin (6/11).

Malaysia membuka keunggulan pada menit ketujuh melalui penalti Muhammad Hadi Fayyadh. Penalti didapat Malaysia setelah kiper Timnas Indonesia U-19 Gianluca Pagliuca Rossy melanggar Nik Akif Syahrian.

Serangan balik Malaysia benar-benar membuat lini pertahanan Timnas Indonesia U-19 kesulitan. Terbukti pada menit ke-34 Malaysia berhasil menggandakan keunggulan lewat Muhammad Akhyar Abdul Rashid yang meneruskan umpan terobosan.

Usaha keras Indonesia mencetak gol akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-43. Sebuah kesalahan kiper Malaysia Muhammad Azri Ghani dalam mengantisipasi tendangan Firza Andika dari luar kotak penalti, membuat Hanis Saghara mencetak gol setelah memanfaatkan bola rebound. Skor 1-2 untuk Malaysia bertahan hingga akhir babak pertama.

Dua menit babak kedua berjalan, Malaysia mencetak gol ketiga melalui sundulan Shivan Pillay Asokan meneruskan umpan sepak pojok. Asokan berhasil lolos dari kawalan Feby Eka Putra.

Lini pertahanan Timnas Indonesia U-19 kembali terlihat rapuh ketika memberi Malaysia penalti untuk kali kedua di pertandingan ini. Sebuah pelanggaran M Luthfi terhadap Abdul Rashid pada menit ke-53 berujung pada penalti.

Muhammad Hadi Fayyadh yang kembali menjadi eksekutor penalti sukses membobol gawang Timnas Indonesia U-19 untuk kali kedua. Skor pun berubah menjadi 1-4 untuk Malaysia.

Timnas Indonesia U-19 terus berusaha untuk mencetak gol meski tertinggal tiga gol. Namun, usaha pelatih Indra Sjafri untuk memasukkan Egy Maulana Vikri dan Saddil Ramdani gagal membuahkan hasil.

Kekalahan dari Malaysia membuat Timnas Indonesia U-19 dipastikan gagal menjadi runner-up Grup F. Timnas Indonesia U-19 tetap di posisi tiga klasemen Grup F dengan enam poin, kalah head-to-head dari Korea Selatan. Sementara Malaysia untuk sementara naik ke puncak klasemen dengan sembilan poin.

Kekalahan ini tidak menentukan apapun buat Indonesia. Pasalnya, Indonesia sudah memastikan bermain di putaran final Piala Asia U-28 karena menjadi tuan rumah.