Johann Zarco start di posisi terdepan GP Jepang. ( AFP PHOTO / Toshifumi KITAMURA)
Johann Zarco start di posisi terdepan GP Jepang. ( AFP PHOTO / Toshifumi KITAMURA)

MUDANEWS.COM, Motegi – Johann Zarco berhasil meraih pole position GP Jepang sedangkan Valentino Rossi malah terpuruk dan harus start dari posisi ke-12 pada balapan esok.

Johann Zarco sukses jadi yang tercepat dengan menorehkan waktu 1 menit 53,469 detik pada sesi kualifikasi GP Jepang, Sabtu (14/10).

Zarco mampu mencatat waktu lebih baik dibandingkan Danilo Petrucci dan Marc Marquez yang melengkapi baris depan pada start GP Jepang esok.

Bagi Zarco, ini adalah kali kedua dirinya mencatat pole position musim ini. Sebelumnya, pebalap Perancis ini juga berhasil start terdepan pada GP Belanda.

Meski hanya start dari posisi ketiga, Marquez tetap bisa tersenyum usai babak kualifikasi ini. Pasalnya ia tetap ada di posisi terdepan dibandingkan rival utamanya dalam perebutan gelar, Andrea Dovizioso. Dovizioso harus memulai balapan dari posisi kesembilan.

Sementara itu, Rossi yang sudah sempat menunjukkan penampilan membaik di sesi latihan bebas ketiga harus membayar mahal keputusannya menggunakan ban kering di awal kualifikasi. Rossi tak mampu mencatat waktu yang kompetitif dan hanya start dari posisi ke-12.

Marquez saat ini ada di posisi puncak klasemen dengan nilai 224 poin, unggul 16 angka atas Dovizioso yang ada di posisi kedua. Maverick Vinales ada di posisi ketiga dengan koleksi 196 poin.

Hasil Kualifikasi GP Jepang
1. Johann Zarco Yamaha Tech 3 1 menit 53,469 detik
2. Danilo Petrucci Octo Pramac 0,318 detik
3. Marc Marquez Repsol Honda 0,434 detik
4. Aleix Espargaro Aprilia Gresini 0,478 detik
5. Jorge Lorenzo Ducati 0,766 detik
6. Dani Pedrosa Repsol Honda 0,873 detik
7. Bradley Smith KTM 1,403 detik
8. Pol Espargaro KTM 1,437 detik
9. Andrea Dovizioso Ducati 1,595 detik
10. Alex Rins Suzuki 2,014 detik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here