Foto: Pemain Timnas Indonesia U-19, Egy Maulana Vikri, saat pertandingan melawan Brunei Darussalam di Stadion Thuwunna, Rabu, (13/9).
Foto: Pemain Timnas Indonesia U-19, Egy Maulana Vikri, saat pertandingan melawan Brunei Darussalam di Stadion Thuwunna, Rabu, (13/9).

MUDANEWS.COM, Yangon – Timnas U-19 akhirnya berhak melangkah ke semifinal Piala AFF U-18. Tren positif itu mereka dapat setelah menang besar atas Brunei Darussalam pada laga pamungkas fase Grup B yang berlangsung di Stadion Thuwunna, Yangon, Rabu (13/9).

Timnas U-19 menaklukkan Brunei dengan skor telak, 8-0. Kemenangan itu membuat Garuda Nusantara berada di puncak klasemen sementara dengan koleksi 9 poin dan berselisih +15 gol. Myanmar dan Vietnam yang tadinya berada di atas Indonesia harus sama-sama turun satu strip.

Jalannya pertandingan antara timnas U-19 kontra Brunei Darussalam berlangsung berat sebelah. Brunei selalu terkurung sepanjang laga dan hampir tidak memiliki peluang emas untuk mencetak gol. Sedangkan timnas U-19 selalu mendominasi permainan sejak laga dimulai.

Muhammad Rafli Mursalim yang diturunkan sebagai ujung tombak timnas U-19 tampil paling subur dengan mencetak hattrick. Gol pertamanya lahir ketika laga baru bergulir 43 detik, untuk kemudian dilanjutkan dengan sepasang golnya yang dicetak pada menit ke-42 dan 45+2.

Selain Rafli, Egy Maulana Vikri juga yang ikut menyumbang gol. Masing-masing golnya tercipta dengan aksi individu menawan pada menit ke-18 dan ke-22. Ia hanya butuh tambahan satu gol lagi untuk menyamai torehan top skorer Piala AFF yang sedang dipegang penggawa Myanmar, Win Naing Tun.

Witan Sulaeman yang berposisi sebagai sayap kanan juga tidak ketinggalan menyumbang gol. Gol Witan lahir pada menit ke-40 lewat sebuah sepakan melengkung dari luar kotak penalti. Skor 6-0 untuk keunggulan timnas U-19 berhasil dipertahankan hingga turun minum.

Pelatih timnas U-19 Indra Sjafri memutuskan untuk merotasi beberapa penggawanya ketika memainkan babak kedua. Beberapa di antaranya ada Saddil Ramdani yang masuk menggantikan Feby Eka Putra dan Hanis Sagara Putra yang menggantikan Muhammad Rafli Mursalim.

Pergantian pemain itu tidak mengubah dominasi timnas U-19. Mereka malah mampu menambah sepasang gol yang dicetak oleh Witan dan Sagara. Gol Witan tercipta pada menit ke-66 setelah menyundul umpan tendangan sudut, sedangkan gol Sagara lahir setelah menyontek umpan matang Egi pada menit ke-67.

Sejatinya, timnas U-19 mampu memperbesar keunggulan karena tetap tampil menekan dan mendapat sejumlah peluang emas dalam sisa waktu yang tersedia. Namun, penyelesaian akhir yang kurang sempurna membuat mereka harus puas keluar sebagai pemenang dengan skor 8-0.

Laga semifinal Piala AFF U-18 2017 akan berlangsung di Stadion Thuwunna, Jumat (15/9).

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here