SSB USU Juara 3 Turnamen Tingkat Asia Tenggara

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Wahyu Panjaitan

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Sekolah Sepak Bola (SSB) Universitas Sumatera Utara (USU) meraih piala dan medali Perunggu setelah menempati posisi ke 3 dalam Turnamen Sepakbola Jeonsa Gothic Cup di Kuala Lumpur Malaysia.

Sebelumnya, SSB USU  di babak semifinal ditaklukkan Blacktigers Felda Penang yang kemudian menjadi juara pertama sekaligus menjadi wakil untuk berangkat ke tingkat Asia yang diselenggarakan di Beijing Juni  mendatang. Pada babak penyisihan pool, SSB USU juga sempat ditaklukkan tim ini.

Kejuaraan SSB Internasional ini diikuti oleh 22 Tim dari 3 negara ASEAN yaitu Malaysia Indonesia dan Thailand. Perjuangan anak-anak SSB USU disaksikan langsung oleh Wakil Rektor 2 USU sekaligus Ketua Umum PS Keluarga USU Dr. dr. Fidel Ganis Siregar M.Ked (OG) SpOG(K).

Pada perebutan peringkat 3 pool terbaik, kemenangan SSB USU diraih saat melawan Socerstars Thailand Selatan yang harus ditentukan oleh adu penalti dengan skor 4-3 dimana gol yang terjadi disumbangkan oleh Farhan, Hustanul, Alessandro Ganis Siregar dan Alhafiz.

Sedangkan pada perempat Final, SSB USU menang melawan Kuala Lumpur Youth Soccer Malaysia. Alessandro Ganis Siregar sebagai kapten kesebelasan menjadi penentu kemenangan tim melalui adu penalti setelah sebelumnya Kiper Yogi Hermawan berhasil menangkis satu tendangan.

Turut hadir menyerahkan Piala selain ketua panitia yaitu Raja Isa yang saat ini menjadi pelatih Metro Malang (Liga 2) dan Prof Johar Arifin Hussein mantan ketua umum PSSI yang datang sebagai Presiden Indonesia Football Academic ( Infa ) Jakarta yang menjadi salah satu wakil Indonesia. Runner up pada kejuaraan ini adalah Sanas Pahang Malaysia, dan SSB USU bersama TS United Selangor Malaysia menjadi 3 terbaik dari seluruh 22 SSB yang bertanding.

Dr. dr. Fidel Ganis Siregar M.Ked(OG) SpOG(K) saat dihubungi, Selasa (28/2) mengatakan, sangat mengapresiasi  perolehan anak-anak SSB USU itu. Walau gagal meraih juara, namun perjuangan dan permainan yang ditampilkan menurutnya sudah maksimal.

“Kerjasama dan keberanian bermain di kandang lawan sudah sangat baik dan sangat luar biasa, itu nilai lebih dari perjuangan anak-anak,” terang mantan kiper PSMS dan Persipura Jayapura di era 80-90 an.

Dr. dr. Fidel Ganis Siregar M.Ked(OG) SpOG(K) juga tidak lupa menyampaikan terimakasih atas dukungan semua pihak, Rektor USU Prof. Runtung dan civitas akademika USU, para orang tua pemain dan juga para pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Rombongan pemain kembali pada Senin malam (27/2) dengan dipimpin Tim Manejer dr Selly Azmeila M.Ked (Oph) SpM, Coach Poniman Arbi dan Assisten Coach Wiwid Hari, Mansyuruddin, Abdi Priyatno dan Rusiyadi.[jo]

- Advertisement -

Berita Terkini