Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut, Baharuddin Siagian

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) optimis rencana pembangunan pusat olahraga atau sport centre bertaraf internasional bisa berjalan seperti diharapkan selama ini. Hal tersebut juga sebagai persiapan menjadi tuan rumah pelaksanaan PON ke-21 pada 2024 mendatang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut, Baharuddin Siagian mengatakan, pihaknya kini tengah berupaya mewujudkan pembangunan sport centre bertaraf internasional.

“Memang harapan kita bisa menjadi tuan rumah PON ke-21 pada 2024 mendatang. Untuk menuju ke sana, Pak Gubernur telah memberikan kawasan di Jalan Pancing Medan untuk dibangun menjadi sport centre,” tutur Baharuddin, Jumat (3/2).

Bahar sapaan akrab Baharuddin, lebih lanjut mengatakan, rencana pembangunan sport centre nantinya akan diupayakan semaksimal mungkin, dan dimulai pada 2018 mendatang. Kawasan yang direncanakan akan dibangun itu, juga sudah berdiri sejumlah bangunan perkantoran serta gedung serbaguna milik Pemprov Sumut. “Saat ini di kawasan yang akan dibangun sport centre itu, sudah berdiri beberapa bangunan sarana olahraga, seperti gedung serbaguna dan pembangunan gedung bowling dan bola basket,” ungkapnya.

Gedung perkantoran yang dimaksudkan, yakni Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Sumut, serta Dinas Perkebunan Sumut, yang rencananya akan dijadikan wisma atlet, sekaligus di belakangnya dibangun kantor Dispora Sumut. “Rencananya itu akan dipindahkan, karena ada rencana mau dijadikan mess atau wisma atlet yang berstandar hotel bintang tiga,” kata Bahar, seraya menyebutkan, sudah menggambar dengan matang, termasuk membangun 3 tower yang bisa mencakup semua jenis cabang olahraga dalam ruangan (indoor).

Jika sport centre ini bisa terwujud, lanjut Bahar, maka akan menjadi contoh bagi provinsi lain. Apalagi dengan 3 tower besar nantinya, setidaknya bisa menampung berbagai cabang olahraga.

Sedangkan utnuk anggaran, sambungnya, akan dirancang pada 2017 ini, agar bisa terlaksana pembangunannya pada 2018. “Hal ini sudah kami sampaikan ke Pak Gubernur. Dan beliau sangat mendukung hal ini. Mudah-mudahan dapat terlaksana,” ungkap Bahar, sekaligus menegaskan, membangun sarana olahraga merupakan hal yang wajib, karena berkaitan dengan pembangunan karakter bangsa.

Bahar juga mengharapkan dukungan semua pihak, seperti DPRD Sumut dan media massa, agar keinginan Pemprov Sumut mempunyai sport centre bertaraf internasional dapat terwujud.[jo]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here