Camat
Camat langsa barat sedang melantik pejabat imuem mukim

MUDANEWS.COM, Langsa – Hari Jumat (29/03/2019) di Gedung pertemuan Kantor Camat Langsa barat dilakukan kegiatan pelantikan Pejabat Imuem Mukim Langsa Baroh Kecamatan Langsa Barat dan kegiatan pisah sambut Danramil Langsa Barat.

Perlu kita mem-flashback sedikit tentang peranan pemerintah Mukim pada masa lalu bahwa kemukiman merupakan salah satu Devisi pemerintahan yang dipimpin oleh seorang imuem mukim dalam adat istiadat masyarakat Aceh yang berfungsi sebagai pamong dalam komonitas masyarakat sekaligus bertindak sebagai perwakilan pemerintahan pada masa itu.

Dewasa ini pemerintah pusat sangat mengharapkan segenap aparatur negara dan aparatur pemerintahan untuk bekerja keras dalaam mengubah nasib bangsa. Tidak terkecuali gampong, kemukiman dan bahkan kecamatan dengan motto kerja nyata semua, dituntut untuk menyingsingkan lengan baju dan bahu membahu membangun negara kesatuan republik indonesia.

“Imuem mukim beserta perangkat kemuekiman merupakan salah satu elemen penyelenggara pemerintahan yang tidak hanya menjadi akar budaya masyarakat Aceh
tetapi banyak tugas tugas berat yang harus diemban baik dimasa sekarang maupun dimasa akan datang untuk menyelesaikan permasalahan bangsa kita tidak boleh berpangku tangan dengan hanya partikal tanpa partisipasi aktif dari komponen bangsa terutama penyelengara pemerintah,” ucap camat Langsa Barat Ridwanullah SSTP MSP dalam sambutannya.

Selanjutnya camat Langsa Barat dalam sambutannya mengajak masyarakat ikut serta bergotong royong bersama sama membersihkan lingkungan Gampong, menggalakkan salat berjamaah di Masjid, menegakan Syariat islam secara kaffah dan Budayakan tertib Hukum dan tertib lingkungan dalam masyarakat seperti kepatuhan dalam mendirikan bangunan.

“Pelestarian Hutan Magrove juga harus kita jaga bersama sama, jangan sampai terjadi penembangan pohon Magrove untuk kepentingan sesaat, harus ada yang kita fikirkan untuk masa depan anak cucu,” harapnya.

Pada kesempatan itu juga Camat langsa Barat mengucapkan selamat bertugas kepada Saudara Tgk Iskandar selaku pejabat imuem Mukim Langsa Baroh.

Dan kepada mantan Danramil Langsa Barat Kapten INF sukamto kami ucapkan Ribuan terima kasih dan penghargaan setingi tinggi nya atas seluruh pengabdian dan dedikasi yang telah bapak sumbangsihkan kepada kami selama ini, Alhamdulillah Kepada Bapak Danramil yang Baru Lettu Inf Supriyanto kami ucapkan selamat Bertugas di kecamatan Langsa Barat,” ucapnya.

Hadir pada kegiatan pelantikan Pejabat Imuem Mukim Langsa Baroh kecamatan Langsa Barat, Danramil Langsa Barat, Kapolsek Langsa Barat, pejabat imuem mukim Langsa Baroh, para Geuchik dalam wilayah Kecamatan Langsa Barat Beserta Perangkat dan Imuem Gampong.