Kerjasama 60 Tahun, Indonesia-Jepang Ingin Ada Proyek Monumental

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Hubungan kerjasama antara Indonesia dan Jepang pada tahun 2018 mendatang akan memasuki usia yang ke-60 tahun. Kedua negara menganggap hubungan antara Indonesia-Jepang selama ini berlangsung sangat baik, dan harus dijaga serta dibina lagi.

“Kita juga ingin bahwa peringatan 60 tahun hubungan diplomatik ini juga dapat menghasilkan satu proyek-proyek yang menumental yang dapat dirasakan oleh rakyat Indonesia,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima delegasi Asosiasi Jepang-Indonesia (Japinda) yang dipimpin mantan Perdana Menteri (PM) Jepang, Yasuo Fukuda, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (27/10).

Menurut Menlu, pada tahun 2016, investasi Jepang mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Untuk itu, lanjut Menlu, Presiden berharap kiranya pada tahun 2017, investasi yang sudah meningkat di 2016 ini juga dapat ditingkatkan lebih banyak lagi.

“Nah, beberapa proyek yang dibahas tadi antara lain proyek yang sedang berjalan setiap hari,teman-teman lihat adalah pembangunan MRT, Pelabuhan Patimban, kemudian Blok Masela, juga pembangunan jalan tol dan sebagainya,” terang Retno.

Sangat Baik
Sementara Ketua Asosiasi Jepang-Indnesia (Japinda) Yasuo Fukuda mengatakan, perkembangan untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia merupakan bagian besar dari pertumbuhan ekonomi dari Asia, sangat bermanfaat, dan sangat bermakna bagi Jepang juga.

Ia mengakui, ada banyak infrastruktur dibangun pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kehidupan masyarakat, antara lain MRT dan infrastruktur tenaga listrik, saluran pembuangan air limbah dan sebagainya.

Menurut Fukuda, di segala bidang, kerjasama di antara Jepang dan Indonesia semakin maju dan meningkat. Ia berharap, hal ini akan berujung pada peningkatan kehidupan masyarakat Indonesia.

“Tentu kerjasama antara Indonesia dan Jepang sudah dilakukan di berbagai bidang dan jumlah proyek kerjasama itu tidak bisa dihitung jumlahnya, sangat banyak,” ujar Fukuda.

Mantan PM Jepang itu mengemukakan, salah satu hasil dari kerjasama selama ini, Indonesia sudah menjadi negara stabil dan memberikan kontribusi sangat baik di kawasan Asia.

“Ini hasil dari kerjasama yang sangat baik antara Jepang dan Indonesia. Dan meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia juga, ini salah satu tujuan akhir dari kerjasama ini,” pungkasnya. (red)

 

 

- Advertisement -

Berita Terkini