Presiden Mulai Peremajaan Kelapa Sawit di Sumsel

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Banyuasin – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan penanaman perdana peremajaan kebun kelapa sawit seluas 4.400 hektare, di Desa Panca Tunggal, Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin, Jumat (13/10).

Presiden menegaskan, peremajaan terhadap 4.400 hektar kebun kepala sawit yang sudah tua itu biayanya ditanggung pemerintah, bibitnya diberi, benih untuk palawija jagung juga diberi oleh pemerintah.

Pada tahun ini, lanjut Presiden, akan diberikan bantuan benih komoditas perkebunan sebanyak 35,5 juta batang yaitu kopi 4,8 juta batang, pala 2,7 juta batang, lada sebanyak 2 juta batang dan karet sebanyak 5,7 juta batang.

Ia berjanji akan kembali ke lokasi peremajaan atau replanting itu setahun lagi atau awal 2019 untuk memeriksa perkembangan.

“Kerja dengan saya pasti saya cek, enak saja tidak dicek, jadi barang atau tidak? Jadi bibitnya, jadi benar dan baik tidak? Harus dicek, Kalau tidak dicek, enak nanti,” ujar Presiden Jokowi.

Mengenai perkebunan yang masuk kawasan hutan, Presiden Jokowi mengaku sudah memerintahkan untuk dikeluarkan dari kawasan hutan untuk nantinya diberikan sertifikat.

“Tapi ini khusus untuk kelapa sawit milik rakyat, yang sudah pegang sertifikat yang hadir di sini tolong diangkat biar kelihatan, nanti setelah ini akan lebih banyak lagi yang pegang sertifikat,” ungkap Presiden. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini