Menag Lukman Harap BPJPH Segera Kembangkan Literasi Halal

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) baru diresmikan. Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin minta agar lembaga yang diberi tugas melakukan sertifikasi dan pengawasan produk halal, ini segera membangun literasi halal.

“Salah satu peran strategis BPJPH adalah membangun literasi dan kepedulian halal,” ujar Menag dalam sambutannya saat peresmian BPJPH, Rabu (11/10) di Jakarta.

Membangun literasi halal, menurut Menag amat penting, baik bagi produsen, penjual, dan tentu bagi konsumen. Sebagai langkah awal, Menag berharap BPJPH segera menuntaskan sistem informasi halal dan mekanisme pendaftaran permohonan sertifikasi halal, dengan berlandaskan prinsip kerja profesional, transparan, pro aktif dan biaya terjangkau.

“BPJPH harus berperan dan berkontribusi sebagai penggerak perkembangan industri halal di Tanah Air, serta membangun masyarakat yang sadar halal,” tambah Menag.

Membangun literasi halal, kata Menag, bertujuan untuk memberikan persamaan persepsi semua pihak akan pentingnya keberadaan jaminan produk halal.

“Kami tetap optimis bahwa pada saatnya nanti semua kita akan memiliki persepsi yang sama akan urgensi dan relevansi dari sertifikasi halal ini,” kata Menag.

Untuk itu, Menag mendorong untuk segera dilakukan sosialisasi yang lebih masif dan inklusif untuk mendorong kesadaran dan kepedulian para pelaku usaha dan masyarakat terhadap pentingnya jaminan produk halal.

Hal senada disampaikan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, KH. Ma’ruf Amin yang turut hadir dalam kesempatan tersebut.

“Sosialisasi kepada publik perlu dilakukan secara masif. BPJPH harus lebih pro-aktif menguatkan basis kerja sama baik level nasional maupun global. Hal itu mengingat sertifikasi halal bukan hanya produk kecil menengah, tapi (juga) produk impor,” tuturnya. (ka)

 

 

- Advertisement -

Berita Terkini