sumber:healthyway.com
sumber:healthyway.com

Indonesia adalah Negara yang sangat luas dan rasanya tak cukup waktu seumur hidup untuk bisa menjelajahi setiap sudutnya. Ada banyak hal menarik yang bisa dieksplorasi di negeri ini, termasuk pemandangan alamnya yang luar biasa indahnya.

Nggak bisa dipungkiri kalau hambatan buat keliling Indonesia ada di urusan biaya. Tapi ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan biar biaya perjalanan keliling negeri ini nggak sampai menguras kantong dalam-dalam. Apa saja? Simak yuk…

Pilih Maskapai Yang Tepat

Tips utama untuk menghemat biaya adalah memilih maskapai yang tepat. Agar liburanmu lebih murah, terbang dengan Lion Air adalah pilihan terbaik. Selain harga tiketnya murah, Lion Air menjangkau ratusan kota di dalam negeri. Dari ujung utara ke selatan, barat ke timur, semua dijangkau oleh Lion Air.

Agar lebih murah lagi, beli tiket Lion Air di Traveloka.com. Hampir setiap hari ada promo dari Lion Air ke berbagai jurusan. Beli tiket perjalananmu langsung pulang dan pergi, dan kamu sudah hemat ratusan ribu dari harga beli sekali jalan.

Beli Tiket Pesawat Sejak Jauh Hari

sumber:data-crave.com
sumber:data-crave.com

Untuk mendapatkan harga Lion Air di Traveloka terbaik, belilah tiket minimal satu bulan sebelum keberangkatan. Tidak hanya mendapatkan harga lebih murah, kamu juga bisa lebih bebas memilih waktu keberangkatan dan kepulangan jika membeli tiket sejak jauh hari sebelumnya.

Meski demikian, tetap pantengin Lion Air di Traveloka sampai menjelang berangkat. Siapa tahu ada promo yang lebih oke, dan kamu bisa reschedule penerbangan dengan mudah di Traveloka.

Menginap di Rumah Teman atau Saudara

Kalau punya teman atau saudara di tempat tujuan, mengapa tidak menginap di tempat mereka. Dengan begitu kamu menghemat ratusan ribu bahkan jutaan rupiah selama liburan. Pastikan bahwa kamu nggak akan merepotkan tuan rumah selama liburan, dan informasikan kedatanganmu sejak jauh hari. Dan jangan lupa, hanya menginap di teman atau saudara dengan seizin mereka.

Jika tidak punya teman atau saudara, menyewa hostel, hotel kapsul, kost harian atau apartemen bisa jadi pilihan. Tidak perlu mewah, pastikan saja tempat menginapmu bersih dan nyaman untuk ditinggali.

Sewa Motor atau Mobil?

sumber:yogyes.com
sumber:yogyes.com

Jawabannya adalah tergantung tujuan dan jumlah personel liburan. Kalau kamu solo travelling atau hanya berdua saja, tentu motor lebih hemat. Namun jika rombongan lebih dari tiga orang, harga sewa mobil dan motor tak beda jauh.

Dengan sewa kendaraan, kamu bisa menghemat biaya ratusan ribu dibandingkan dengan naik taksi. Ingat, bahwa tidak semua lokasi wisata dijangkau dengan kendaraan umum. Jadi menyewa kendaraan sendiri adalah solusi hemat buat menuju destinasi.

Bawa Makanan Bekal

Salah satu biaya yang biasanya membengkak selama liburan adalah soal makanan. Biar hemat, coba deh bawa bekal dari penginapan. Kamu bisa membeli di warung di sekitar penginapan, atau memasak sendiri.

Dengan membawa bekal, baik itu snack ataupun makanan berat, kamu sudah menghemat puluhan sampai ratusan ribu loh. Lebih hemat lagi kalau kamu membawa bekal air putih di tas, jadi nggak perlu beli minuman di lokasi wisata yang biasanya harganya jauh lebih mahal daripada di toko biasa.

Keliling Indonesia sudah bukan hal yang mahal lagi kalau kamu terbang dengan Lion Air dan membeli tiketnya di Traveloka. Meski budget terbatas, kamu tetap bisa bersenang-senang bukan? Selamat liburan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here