Teks Foto: Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa menerima kunjungan Commonwealth Ombudsman Australia Michael Manthorpe dan Director Internasional I Integrity Branc Lisa Collet, di Kantor Kementerian PANRB, Rabu (6/9).
Teks Foto: Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa menerima kunjungan Commonwealth Ombudsman Australia Michael Manthorpe dan Director Internasional I Integrity Branc Lisa Collet, di Kantor Kementerian PANRB, Rabu (6/9).

MUDANEWS.COM, Jakarta – Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa menerima kunjungan Commonwealth Ombudsman Australia Michael Manthorpe dan Director Internasional I Integrity Branc Lisa Collet, di Kantor Kementerian PANRB, Rabu (6/9).

Diah menyampaikan, kunjungan Commonwealth Australia merupakan rangkaian kegiatan silaturahmi dengan Ombudsman Republik Indonesia (ORI), yang kemudian berkunjung ke Kementerian PANRB, yang salah satu tugasnya menangani urusan pelayanan publik.

“Karena Kementerian PANRB dalam hal ini Kedeputian Pelayanan Publik memiliki tugas yang berkaitan, maka mereka datang kesini sekaligus untuk bertukar pengalaman,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Diah menjelaskan aplikasi pengaduan yang dikelola pihaknya yakni LAPOR kepada ketua Ombusman Australia. Menurutnya dengan kerjasama yang dilakukan dengan berbagai pihak yang salah satunya adalah Ombudsman Republik Indonesia, dapat mengatasi segala permasalahan yang berhubungan dengan pelayanan publik.

Menurutnya pihak Ombudsman Australia sendiri belum memiliki aplikasi pengaduan seperti LAPOR, dan menyatakan kekagumannya atas sebuah aplikasi yang menjadi tempat mengadu masyarakat akan pelayanan publik. Kedepan ia berharap Kedeputian Pelayanan Publik bersama Ombudsman Australia dapat menjalin kerjasama dalam sektor pelayanan publik.

Sementara itu Commonwealth Ombudsman Australia Michael Manthorpe memberi apresiasi dan menyatakan kekagumannya terhadap upaya penyediaan sarana pengaduan seperti aplikasi LAPOR!. Menurutnya aplikasi tersebut dapat membantu masyarakat yang selama ini merasa pelayanan yang diberikan oleh sebuah institusi tidak baik.

Dengan adanya aplikasi tersebut masyarakat dapat mengadukan dan mendapat jawaban atas permasalahan yang dihadapi. “Sistem seperti ini belum ada ditempat kami, dan saya kagum melihatnya. untuk itu kedepan kami akan banyak belajar dan bertukar fikiran kesini,” ujarnya.

Selain melakuan diskusi, Ombudsman Australia diajak masuk kedalam Command Centeri milik Kementerian PANRB, untuk melihat secara langsung cara kerja aplikasi LAPOR!.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Deputi Pelayanan Publik Dwiyoga, Asdep Perumusan Kebijakan dan Pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Publik Muhammad Imanuddin. (ka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here