Foto: Plt Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo.
Foto: Plt Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo.

MUDANEWS.COM, Jakarta – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melangsungkan rapat terkait percepatan pembentukan UPT Balai Pelastarian Kawasan Cagar Budaya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sebagai tindaklanjut arahan Presiden RI Joko Widodo kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

Rapat tersebut berlangsung di Kantor Kemendagri mengundang sejumlah pihak terkait seperti jajaran Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Surakarta.

“Rencanannya pada 7 September nanti akan berlangsung penyerahan kewenangan pengelolaan keraton ke pemerintah, maka rapat ini menjadi upaya percepatan kami dari Kemendagri memfasilitasi dan membantu Ditjen Kebudayaan Kemendikbud,” kata Plt Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo, Jumat (25/8).

Seperti diketahui bersama, Ditjen Kebudayaan Kemendikbud melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT)-nya menjadi lembaga yang berwenang melakukan kordinasi mengenai tata kelola atas cagar budaya tersebut. Nantinya, pihak Keraton Kasunanan Surakarta akan memberikan surat kuasa pengelolaan ke UPT tersebut.

Kemendagri melangsungkan rapat bersama para pemangku kepentingan terkait agar proses penyerahan surat kuasa dan teknis lainnya terkait UPT Balai Pelestarian Kawasan Cagar Budaya Keraton Kasunanan Surakarta ini tak terhambat sehingga pada 7 September nanti langsung ada tindaklanjutnya.

“Kemendagri akan memberikan dukungan dengan membuatkan surat kawat kepada Walikota Surakarta, FX Hadi Rudiyatmo untuk membantu fasilitasi Ditjen Kebudayaan Kemendikbud dalam penyerahan nanti. Dengan begitu, rencana penyerahan tersebut bisa terealisasi,” tambah dia.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo memastikan pemerintah ingin terlibat turun dalam rencana Pendirian Balai Pelestarian Cagar Budaya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Presiden Joko Widodo, kata dia ingin serius membenahi situs peninggalan kerajaan tersebut.

“Pak Presiden Jokowi memerintahkan kepada saya untuk membenahi keraton ini dengan baik. Karena memang beliau bekas walikota disini,” kata Tjahjo saat rapat koordinasi Watimpres, Kemdikbud, kemenPANRB dan Kemenpar dengan Raja KKSH Pakubuwono ke XIII di Keraton Surakarta, Kamis (24/8). (ka)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here