Perekaman Data KTP Elektronik Sudah Mencapai 95 Persen

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEW.COM, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengungkapkan perekaman data KTP elektronik secara nasional sudah mencapai 95 persen. Akhir tahun ini, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menargetkan akhir tahun ini blanko KTP sudah terdistribusi ke seluruh daerah.

“Sampai hari ini target pemerintah sudah mencapai 95 persen dari target 184 juta penduduk yang harus mempunyai KTP. Mudah-mudahan akhir tahun sudah terdistribusi semua sehingga yang baru memperoleh surat keterangan bisa dapat fisik KTP,” kata Tjahjo di Kantor Kemendagri, Rabu (16/8).

Masyarakat yang belum melakukan perekaman data, dia meminta agar bisa proaktif mendatangi kantor kecamatan dan dinas dukcapil daerah. Sebab, penggunaan identitas kependudukan berbasis NIK kini sudah terintegrasi dengan suluruh instansi pemerintah dan pihak swasta.

“Pemeirntah mohon agar masyarakat proaktif mendatangi kantor dukcapil dan kecamatan, bila belum merekam data KTP elektronik,” tambah dia.

Selain untuk pemutakhiran data kependudukan terintegrasi, KTP elektronik ini, kata Tjahjo juga untuk kepentingan pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu Serentak 2019, Pemilihan Presiden (Pillpres) dan Pemilu Legislatif (Pileg).

“Momentum Pilkada serentak 2018 bisa menjadi uji coba pendayagunaan data KTP untuk pesta demokrasi, sebelum akhirnya digunakan dalam Pemilu serentak 2019,” tambah dia. (ka)

- Advertisement -

Berita Terkini