Gandeng Kemendagri, BPOM Canangkan Masyarakat Sadar Pangan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melangsungkan pertemuan dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) terkait rencana aksi nasional gerakan masyarakat hidup sehat. Kegiatan ini nantinya dalam rangka mendukung sadar pangan dan pemberantasan penyalahgunaan obat.

Mendagri Tjahjo Kumolo menyabut baik ajakan BPOM. Tjahjo mengatakan BPOM tidak hanya ada di Jakarta tapi di seluruh Indonesia. Dan Kemendagri akan terus meningkatkan kepada Kepala Daerah pentingnya Badan Pom ini.

“Kami akan ingatkan kepala daerah agar ini masuk dalam skala program priortas. Baik anggarannya, personilnya. Harus menjadi perhatian. Ini bisa bergerak jika kepala daerahnya menginsstruksikan. Instruksi ini sudah disampikan, dan kami minta semua kepala daerah hadir di Monas acara nanti,” kata Tjahjo di Kantor Kemendagri, Rabu (9/8).

Ketua BPOM Penny Kusumastuti Lukito menambahkan, bahwa peran pemerintah daerah (pemda), kata Penny adalah terkait dengan keamanan pengawasan obat makanan. Tingkatkan kesadaran masyarakat dengan pangan aman dan masalah obat-obatan, obat tradisonal dan kosmetik jangan sampai ada penyalahgunaan.

“Kami meminta dukungan dari Bapak Mendagri untuk memberikan arahan dalam bentuk surat perintah ke Pemerintah Daerah terkait sadar pangan dan aksi nasional bulan Oktober mendatang,” kata Penny Kusumastuti.

“Pemda ini yang paling dekat dengan masyarakat jadi perannya sangat penting. Masyarakat juga diminta untuk bisa memverifikasi program pemerintah tekait dengan kesadaran akan pangan aman dan penggunaan obat yang tepat,” ujarnya.

Penny juga menyebutkan adanya peraturan bersama antara Kemendagri dengan BPOM terkait dengan kesadaran akan pangan aman dan obat menyangkut Instruksi Presiden no 3 tahun 2017 tentang peningakatan efektifitas pengawasan obat dan makanan.

“Peran Kemendagri juga sangat penting untuk menggerakan Pemda agar bisa bersinergi dengan segala program strategis yang selalu dicanangkan oleh pemerintah pusat,” tegasnya.⁠⁠⁠⁠ (ka)

- Advertisement -

Berita Terkini