Usai Dilantik, Ribuan Praja IPDN Akan Dikirim ke Daerah Terpencil dan Perbatasan Negara

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jatinangor – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) akan melantik ribuan praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Selasa (8/8). Usai itu, para purnapraja ini akan ditempatkan di berbagai desa wilayah Indonesia.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengatakan, mereka langsung menjadi pegawai negeri sipil (PNS) Kementerian Dalam Negeri. Selama satu tahun itu, para lulusan IPDN rencananya akan mengabdi ke masyarakat, dan turun ke desa-desa mengawal pembangunan di sana.

“Nanti praja IPDN yang baru diwisuda, akan saya tempatkan ke desa-desa. Mereka berkomunikasi dengan masyarkat, membimbing para aparatur desa dan belajar beradaptasi dengan warga di sana,” kata Tjahjo belum lama ini saat menghadiri Rapimnas Hanura di Denpasar Bali.

Sejalan dengan hal tersebut, Gubernur IPDN, Ermaya Suradinata mengatakan, para praja yang baru dilantik ini memang wajib turun ke masyarakat untuk mengabdi di desa-desa terpencil serta perbatasan Indonesia.

“Ini pertama kalinya praja yang baru saja dilantik akan langsung di tempatkan di desa-desa diseluruh Indonesia,” kata Ermaya di sela-sela pelantikan Pamong Praja Muda IPDN angkatan XXIV 2017.

Penugasan ini adalah bentuk tanggungjawab praja muda sebagai pelayan abdi masyarakat. Mereka adalah aparatur sipil negara (ASN) yang mendapat tugas di lingkungan Kemendagri.

“Penempatan ini bentuk wujud nyata kehadiran pemerintah dalam kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Ermaya juga mengatakan, sebelum wisuda dan dilantik oleh Presiden para praja ini juga sudah melakukan praktek lapangan.

“Praja melakukan praktek kerja lapangan dengan membangun rumah yang tidak layak huni menjadi layak huni,” tambah dia.

Dijelaskan lebih lanjut, tahun 2015 presiden Jokowi telah menetapkan kampus IPDN menjadi kampus pelopor penggerak revolusi mental. Disitulah muncul sebuah program mata kuliah yang sesuai dengan nawacita.

“Nawacita ini kami terapkan langsung oleh praja untuk menjadi pelayan-pelayan yang handal melayani masyarakat,” tutupnya.

Diketahui IPDN melakukan pelantikan kepada 2.211 praja terdiri dari 1799 praja program Diploma 4, 217 praja program sarjana, 155 praja program magister, 10 praja program doktor, dan 30 praja program profesi kepamongprajaan. (ka)

 

- Advertisement -

Berita Terkini