Anggota KPU dan Bawaslu Baru Telah Terpilih, Ini Daftar Namanya

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANews.com, Jakarta – Dewan Permusyawaratan Rakyat (DPR) RI telah menetapkan tujuh Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lima Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada Rabu (5/4) dini hari. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengapresiasi upaya legislatif yang telah menyelesaikan tugas tersebut.

“Pemerintah melalui Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) menyampaikan apresiasi kepada yang terhormat Komisi II DPR, khususnya karena telah melakukan proses fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan) calon anggota KPU dan Bawaslu. Kerja Komisi II sampai dini hari sangat sangat pemerintah apresiasi,” kata Tjahjo.

Ia menyatakan, seluruh anggota KPU dan Bawaslu periode 2017-2022 tentu dipilih secara demokratis dan adil. “Pemerintah ikut saja sebagaimana keputusan Komisi II,” ujarnya.

Ia optimistis para penyelenggara dan pengawas pemilu dapat melaksanakan tugas dengan baik, apalagi dengan pengawasan DPR. “Apapun KPU dan Bawaslu adalah mitra pemerintah dan mitra DPR dalam upaya mewujudkan pemilu yang demokratis, memperkuat sistem pemerintahan presidensiil multi partai,” ujar Mendagri.

Ketua Komisi II DPR, Zainuddin Amali, mengatakan bahwa nama-nama komisioner terpilih akan segera disahkan ke pimpinan DPR dan Bamus. Secara prosedural, kedua pihak itu akan menyiapkan proses pengesahan keputusan itu.

“Nama-nama itu akan disahkan dalam rapat paripurna 6 April mendatang, lalu diserahkan ke Presiden untuk disahkan,” kata Zainuddin Amali.

Sekadar diketahui, pemungutan suara untuk memilih anggota KPU dan Bawaslu dilaksanakan Komisi II, Rabu (5/4) dini hari. Setiap anggota Komisi II memasukkan surat suara ke kotak. Pemerintah mengajujan 14 nama calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu. Komisi II memilih 7 nama komisioner KPU dan 5 anggota Bawaslu.

Komisioner KPU terpilih:
1. Pramono Ubaid Tanthowi
2. Wahyu Setiawan
3. Ilham Saputra
4. Hasyim Asy’ari
5. Viryan
6. Evi Novida Ginting Manik
7. Arief Budiman

Komisioner Bawaslu terpilih:
1. Ratna Dewi Pettalolo
2. Mochammad Afifuddin
3. Rahmat Bagja
4. Abhan
5. Fritz Edward Siregar

Anggota KPU dan Bawaslu yang baru ini, direncanakan dilantik pada 12 April 2017. Sebab, pada saat itu, masa jabatan anggota KPU dan Bawaslu periode 2012-2017 berakhir.

“Pemerintah siap melantik,” tandas Mendagri.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini