Gubsu Apresiasi World Water Day Di Samosir Gandeng KPK, Bupati Karo : Dalam Waktu Dekat Ini Keramba Ikan Di Tongging Akan Dibersihkan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Laporan : Arkhan AL

MudaNews.com, KARO, (Sumut). Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menganggap penting membangun integritas secara berkelanjutan, yang harus dimulai dari sejak dini. Sehingga ketika memulai karir dari sejak dini sampai pensiun dia tetap jujur. Sangat penting membangun integritas mulai dari pendidikan awal, karenanya kami banyak bertemu dengan anak kecil agar mereka berani jujur sejak kecil.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang dalam acara Puisi Diatas Danau, peduli lingkungan di pinggiran Danau Toba, desa Pardomuan, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Rabu (22/3) yang dirangkai dengan peringatan hari air sedunia.

Menurutnya, tujuan bangsa yang utama adalah membangun daya saing, salah satunya dinilai dari keunggulan intergritas sumber daya manusianya (SDM). KPK menurutnya, ikut membangun integritas SDM yang dilakukan dengan berbagai hal kecil termasuk diantaranya kegiatan di Samosir tersebut, juga melalui kampanye lewat media film. “Ini tugas berat, untuk itu, kita membangun dari hal -hal kecil melalui berbagai kegiatan, pemutaran film, kita melibatkan Pemda seputaran Danau Toba, NGO dan masyarakat,” kata Saut Situmorang.

Dalam kesempatan itu, Gubsu Tengku Erry Nuradi memotivasi anak-anak sekolah agar rajin belajar serta menjaga kejujuran dan integritas. “Karena kalian adalah calon pemimpin masa depan, generasi penerus yang akan menjadi pemimpin pada 100 tahun Indonesia Merdeka pada tahun 2045 mendatang,” ujar Gubernur, seraya mengapresiasi pimpinan Sopo Belajar Lontung Togu Situmorang yang dengan cerdas menggandeng KPK dalam peringatan World Water Day tersebut.

“Kita berkumpul dengan para Bupati se kawasan Danau Toba dalam rangka peringatan hari air se dunia yang dirangkaikan edukasi anti korupsi dalam kegiatan yang unik dan di suasana pedesaan yang masih alami di Danau Toba,” ujar Tengku Erry.

Di sela acara itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana kepada wartawan mengatakan, memperingati hari lingkungan hidup sedunia ini dapat menjadi pemacu bagi semua pihak. Khususnya bagi para generasi muda untuk lebih peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup dan memiliki rasa penuh tanggung jawab terhadap pelestarian lingkungan hidup.

“Menjaga lingkungan dan kebersihan Danau Toba adalah tanggungjawab kita semua. Untuk itu, Keramba ikan di kawasan perairan Tongging, Kecamatan Merek Kabupaten Karo dalam waktu dekat ini akan dibersihkan “zero kerambah” guna menyukseskan program Otorita Danau Toba, mengawali kegiatan ini direncanakan Menko Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan akan hadir dan sejumlah kepala daerah sekawasan Danau Toba,” ujarnya.

Turut hadir Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, Bupati Taput Nikson Nababan, Wakil Bupati Simalungun Amran Sinaga, Plh Walikota Pematang Siantar, Hefriansyah, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Ir. Darwin Siagian. (ig)

- Advertisement -

Berita Terkini