Audiensi Pengurus DPP Apdesi, Perangkat Desa Harus Sinergi Program Nawacita

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Berbagai kegiatan skala nasional telah berlangsung di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dalam beberapa bulan terakhir. Bahkan beberapa waktu ke depan, juga akan digelar event setingkat. Seperti rencana kegiatan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) yang direncanakan pada April 2017 mendatang.

“Kami mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini,” ungkap Gubernur Sumut HT Erry Nuradi, saat menerima audiensi pengurus DPP Apdesi di ruang kerjanya, Kamis (2/2) lalu.

Hadir Sekjen DPP Apdesi dan sejumlah pengurus Apdesi Sumut lainnya. Sementara mendampingi Gubernur Sumut, Kepala Dinas Pemdes Aspan Sofian, Kepala Diskominfo Fitriyus, mewakili Kepala Kesbangpolinmas Ahmad Firdausi Hutasuhut, dan Kabag Humas Indah Dwi Kumala.

Pada kesempatan itu, selain mengapresiasi rencana kegiatan Rakernas yang akan dihadiri seluruh perangkat desa se-Indonesia, Erry juga berpesan, agar melalui kegiatan tersebut, Apdesi dapat melahirkan program kerja yang mendukung pengembangan desa sebagai mana yang diterapkan dalam Nawacita Presiden Joko Widodo.

Erry pun berharap, pada Rakernas nanti Apdesi dapat menghadirkan pejabat-pejabat dari pusat termasuk Presiden Jokowi. “Kami harap Apdesi bisa mensinergikan tiga pilar pemerintahan desa guna mendukung Nawacita Bapak Presiden Jokowi, yakni membangun Indonesia dari desa atau pinggiran. Mudah-mudahan Rakernas nanti dibuka oleh Bapak Presiden,” katanya.

Ia juga menitip pesan agar dalam Rakernas, Apdesi membahas program kerja yang mendorong terciptanya Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), dan program-program pembangunan desa lainnya. “Saya juga berharap, Apdesi dapat memberikan masukan dan pembelajaran terkait pengelolaan keuangan desa. Karena kita tahu, saat ini desa setidaknya mendapatkan anggaran hampir Rp1 miliar. Kita tidak mau perangkat-perangkat desa tersangkut persoalan hukum, karena salah mengelola anggaran tersebut,” sebut Erry.

Sebelumnya Sekjen Apdesi Ipin Arifin, menyampaikan terkait rencana akan digelarnya Rakernas Apdesi di Kota Medan, pada April mendatang. Meskipun waktu pelaksanaanya masih tentatif, namun direncanakan Rakernas ini akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo. “Kalau jadwalnya memang masih tentatif, karena akan menyesuaikan dengan jadwal. Karena kami masih berharap Pak Presiden bisa hadir membuka kegiatan ini. Kami sudah sampaikan kepada Mendagri, beliau mengatakan, akan menerima kami untuk pembahasan lanjutan usai Pilkada DKI nanti,” katanya.

Ipin juga mengatakan, diperkirakan pada Rakernas Apdesi akan dihadiri 3.000 sampai 4.000 kepala desa dari 34 provinsi di Indonesia. Sedangkan keanggotaan Apdesi seluruh Indonesia mencapai 50 ribu orang, yang terdiri dari perangkat desa maupun mantan perangkat desa.[jo]

- Advertisement -

Berita Terkini