Survei Kemenag: Masyarakat Anggota Organisasi Sosial dan Agama Lebih Menjunjung Kerukunan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANews.com, Jakarta – Tahun 2016 kemarin, Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama telah melakukan survei nasional untuk mengetahui indek kerukunan umat beragama (KUB) di Indonesia. Dari hasil tersebutm indek kerukunan di Indonesia mecapai 75,47%, angka ini naik 0,12% dari tahun 2015.

Dalam survei ini, juga terdapat informasi lain yang sangat menarik, yaitu indek kerukunan responden yang aktif dalam organisasi sosial maupun keagamaan lebih tinggi dari yang tidak terlibat aktif.

Kepala Litbang dan Diklat Kementrian Agama, Abd Rahman Mas’ud menilai bahwa Indonesia beruntung memiliki banyak ormas Islam yang berpaham moderat seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama.

“NU dan Muhammadiyah telah membuktikan pengalaman Idlam yang penuh kedamaian, Islam yang ramah, Islam yang senyum (smiling Islam),” katanya dalam siaran pers di laman web resmi kemenag, Jumat (6/1).

Ia juga mengatakan bahwa di negara lain yang merupakan negara Islam belum tentu mempunyai ormas Islam yang sangat mengakar dan dapat menyemai nilai Islam moderat dan santun seperti yang dimiliki Indonesia.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini