Mudik Lebaran Tahun Ini, Jalan Tol Jawa Bisa Sampai Semarang

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANews.com, Jawa Tengah – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, bahwa ruas jalan tol Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang dan Batang-Semarang secara fungsional sudah bisa dilalui pemudik pada Juni mendatang.

“Kementerian PUPR dan Badan Usaha Jalan Tol yakni PT. Jasa Marga, PT. Waskita dan PT. Sumber Mitra Jaya sepakat untuk menjaga ritme pekerjaan dan bisa selesai tepat waktu untuk fungsional,” kata Basuki usai melakukan kunjungan ke ruas tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang, Jawa Tengah, Jumat (7/1) lalu, sebagaimana terdapat dalam siaran pers di laman web resmi setkab.

Dengan begitu, Basuki berharap kemaceran arus mudik pada lebaran tahun ini dapat diminimalisir.

“Sehingga diharapkan dapat mengurangi kemacetan arus mudik lebaran tahun ini,” ujarnya.

Diketahui bahwa jalan tol Pejagan-Pemalang memiliki panjang 57,5 km dan terdiri dari 4 seksi. Untuk seksi 1 dan 2 hingga keluar Brebes Timur telah dioperasikan pada Juni 2016 lalu.

Untuk ruas tol Pemalang-Batang memiliki panjang 39 km, meskipun memiliki target beroperasi Desember 2018, Menteri Basuki juga menargetkan dapat fungsional pada musim mudik kali ini.

Sedangkan ruas tol Batang-Semarang dengan panjang 75 km yang telah di groundbreaking pada April 2016, dari hasil peninjauan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menunjukan bahwa beberapa lokasi sudah dapat dilalui. Sehingga meski ditargetkan baru akan beroperasi pada Desember 2018, namun pada arus mudik tahun ini sudah fungsional dapat dilalui pemudik.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini