Saat Seorang Hamba Meminta dan Tak Dijawab Oleh Tuhannya

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Oleh: Muhammad Taufiq Lubis

MUDANews.com – Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 186 : Dan apabila hamba-hambaku-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasannya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu dalam kebenaran.

Dan dalam surat Almukmin/Ghafir ayat 60 juga Allah berfirman : Dan Tuhanmu berfirman :  Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahannam dalam keadaan hina dina.

Fenomena judul diatas mungkin sering terjadi dalam kehidupan sehari- hari kita. Disaat kita sudah melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan taraf kehidupan kita untuk lebih baik. Dalam agama dan kepercayaan lain juga disebutkan seperti dalam Yohannes 5: 14-15 : Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.

Yang harus kita pahami adalah terdapat banyak macam cara dalam pengabulan doa. Sementara kebanyakan  orang hanya memahami satu macam bentuk, yakni bahwa ketika meminta dan memohon kepada Tuhan harus dikabulkan seperti yang diinginkan, dan tepat waktu dalam doanya.  Ketika seseorang berdoa dan tidak terkabul seperti yang diinginkan lantas kita lansung beranggapan bahwa Tuhan tidak mengabulkan dan tak di dengar. Bisa jadi Tuhan melihat kondisi dan situasi, yakni mungkin Tuhan melihat banyak potensi keburukan andai dikabulkan.  Timbul pertanyaan mengapa Tuhan tidak menjawab dan mengabulkan doa kita?.

Pertama coba kita lihat kembali apakah di saat kita meminta dalam sholat atau ibadah kita sudah benar seperti yang diajarkan. Kedua sudahkah kita mengamalkan perintah lain seperti zakat, mengasihi kepada sesama, DLL.

Percayalah bahwa Tuhan maha tahu, ketika doa-doa kita tidak dikabulkan Tuhan akan mencatat dan disimpan sebagai pahala amal yang setara dengan nilai doa-doa kita, mungkin akan di berikan di akhirat kelak, untuk memperberat timbangan amal kita. Memang berat sekali didunia tapi di akhirat kelak kita akan tersenyum manis.

 

- Advertisement -

Berita Terkini