Foto: Eman Ahmed Abd El Aty mengalami obesitas. Bobot tubuhnya mencapai 500 kilogram (Saifee Hospital)
Foto: Eman Ahmed Abd El Aty mengalami obesitas. Bobot tubuhnya mencapai 500 kilogram (Saifee Hospital)

MUDANEWS.COM, Dubai – Eman Ahmed Abd El Aty dilaporkan meninggal dunia saat menjalani perawatan di Abu Dhabi. Wanita yang disebut perempuan terberat di dunia ini mengembuskan napas terakhir akibat sakit gagal jantung dan ginjal di sebuah rumah sakit di Abu Dhabi.

Sebanyak 20 dokter bertugas merawat El Aty sejak dia tiba di Rumah Sakit Burjeel pada Mei lalu. Perempuan berusia pertengahan 30 tahun itu sebelumnya mencari perawatan di India.

Dia melakukan perjalanan dari kota pelabuhan Alexandria ke Mumbai dengan pesawat Airbus yang dimodifikasi khusus pada awal Februari. Dikutip dari AFP, El Aty tidak meninggalkan rumah selama lebih dari dua dekade dan beratnya mencapai 500 kilogram.

Permintaannya untuk mendapatkan visa India awalnya ditolak, namun kemudian diberikan setelah perempuan ini melakukan permohonan bantuan langsung ke Menteri Luar Negeri India lewat akun Twitter-nya.

Dia kemudian menjalani operasi bariatrik di bulan berikutnya dan berhasil menyusutkan tubuhnya hingga 100 kilogram di Rumah Sakit Saifee, Mumbai. Kepada dokter, keluarganya menuturkan sewaktu kecil El Aty didiagnosa menderita kaki gajah. Kondisi ini menyebabkan anggota badan dan bagian tubuh lain membesar sehingga tidak bisa bergerak.

El Aty kemudian meninggalkan Mumbai usai kakaknya bertengkar dengan pihak rumah sakit. Mereka menganggap El Aty tidak mengalami perubahan.

Saat meninggalkan Mumbai, dokter menyebutkan El Aty telah kehilangan lebih dari separuh berat aslinya. Dia kemudian melanjutkan perawatan di Rumah Sakit Burjeel Abu Dhabi dan berharap dokter bisa membantunya berjalan lagi.

Sang adik menuturkan El Aty juga bermimpi untuk bisa mengunjungi pantai suatu hari lagi. “Dia ingin ke pantai,” ucap sang adik yang dirahasiakan identitasnya. Sayang, impian El Aty kandas.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here