Foto: Hadi Sukma Adsani (73) dan Atim Arta Ota (62 tahun) belum diketahui keberadaannya dan masih proses pencarian.
Foto: Hadi Sukma Adsani (73) dan Atim Arta Ota (62 tahun) belum diketahui keberadaannya dan masih proses pencarian.

MUDANEWS.COM, Makkah – Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengatakan dua jemaah haji dilaporkan hilang secara terpisah saat melaksanakan ibadah di Tanah Suci.

Kedua jemaah itu diketahui bernama Atim Arta Ota (62) asal Bogor, Jawa Barat, dan Hadi Sukma Adsani (73) asal Lampung. Keduanya berada dalam rombongan berbeda; Atim berada pada kloter embarkasi 56 Jakarta-Bekasi (JKS 56) dan Hadi pada kloter 37 embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 37).

Agus mengatakan, Atim dilaporkan terpisah dari rombongannya setelah melaksanakan tawaf wajib di Masjidil Haram pada 15 Agustus lalu. Sementara itu, Hadi dikabarkan hilang saat bermalam di Mina.

“Sampai saat ini mereka belum ditemukan,” ujar Agus, Selasa (26/9).

Berdasarkan keterangan ketua rombongan, Lia Amalia, Agus mengatakan Atim pernah diamankan petugas asrama embarkasi karena mencoba keluar dari kediamannya selama di Mekah dan sempat beberapa kali mengadu ingin kembali ke kampung halamannya.

Tim penanggung jawab rombongan, tuturnya, juga telah menemui istri Atim, Sanya, untuk dimintai keterangan. Menurut keterangan sang istri, Agus mengatakan Atim diketahui sering meninggalkan keluarga hingga berhari-hari selama berada di Tanah Air.

Dalam keterangan itu, istrinya juga mengaku Atim pernah memiliki gangguan ingatan dan suka membawa jimat.

“Suadara Atim juga sempat mengatakan bahwa saat sampai di Mekah ingin pergi ke gunung-gunung,” bunyi keterangan istri Atim.

Saat ini, Agus memaparkan KBRI Riyadh terus melakukan pencarian kedua jemaah itu dibantu oleh otoritas setempat. “Tim KBRI juga masih menyisir ke semua lini di Mekah untuk mencari mereka,” ujar Agus.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here