Perhiasan emas yang disita otoritas Sri Lanka. (Foto: AFP/SRI LANKA CUSTOMS)
Perhiasan emas yang disita otoritas Sri Lanka. (Foto: AFP/SRI LANKA CUSTOMS)

MUDANEWS.COM, Kolombo – Otoritas Sri Lanka menangkap seorang pria yang mencoba menyelundupkan emas dan perhiasan seberat satu kilogram. Emas dan perhiasan itu dimasukkan ke dalam dubur.

Dikutip laman BBC, Senin (25/9), petugas menemukan emas 904 gram yang diperkirakan senilai USD29.370. Pelaku ditangkap di Bandar Udara Internasional Kolombo saat hendak kabur ke India.

Petugas bea cukai Sri Lanka mencurigai pria tersebut lantaran cara jalannya yang tak biasa. Sementara itu, mesin deteksi metal mengidentifikasi barang bawaannya dan petugas menemukan beberapa barang mencurigakan.

“Barang bawaannya dikemas dengan hati-hati dalam tas polietilen dan disisipkan secara rapi juga,” kata petugas.

“Di tubuhnya, ditemukan ada empat emas kuning batangan, tiga potong emas kuning, enam perhiasan emas kuning dan dua perhiasan yang juga berlapis emas,” imbuhnya.

Penyelundupan barang dalam tubuh bukan sekali ini terjadi di Sri Lanka. Tahun lalu, kasus serupa terjadi.

Biasanya penyelundup di wilayah ini membeli emas dari Dubai dan Singapura yang harganya dianggap relatif murah. Mereka kemudian membawa hasil selundupan ke India dan menjualnya dengan keuntungan banyak.

Pekan lalu, seorang wanita yang juga hendak ke India ditangkap petugas bea cukai akibat mencoba menyelundupkan 314,5 gram emas yang disembunyikan di kemaluannya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here