Rocco Morabito ditangkap di Uruguay saat sedang bersama istrinya di sebuah hotel mewah (Italian Police via AP)
Rocco Morabito ditangkap di Uruguay saat sedang bersama istrinya di sebuah hotel mewah (Italian Police via AP)

MUDANEWS.COM, Montevidio – Salah satu bos mafia Italia yang paling terkenal, Rocco Morabito (50), ditangkap di Uruguay. Pria yang mendunia dengan julukan “raja kokain” tersebut telah memburon selama 23 tahun.

Pejabat Uruguay dan Italia mengatakan, Morabito, bos dari kelompok mafia paling berkuasa di Italia, Ndrangheta, tinggal di resor di Punta del Esta selama lebih dari satu dekade dengan menggunakan dokumen palsu.

Seperti dikutip dari The Guardian, Selasa (5/9), menurut polisi Uruguay, Morabito telah menjadi perburuan internasional sejak tahun 1995. Ia diciduk di sebuah hotel mewah di Montevideo bersama dengan istrinya yang dilaporkan berkewarganegaraan Angola.

Bersama dengan penangkapannya, ikut disita sejumlah barang seperti 13 ponsel, 12 kartu ATM, dua mobil, 10 foto ukuran paspor dalam berbagai penyamaran plus sebuah paspor Portugal, sejumlah perhiasan, uang tunai sekitar US$ 50 ribu dan pistol.

Melalui sebuah pernyataan, Marco Minniti, Menteri Dalam Negeri Italia mengucapkan selamat kepada polisi Uruguay dan Italia atas operasi gabungan yang sukses menangkap buronan nomor wahid tersebut.

Di negeri asalnya, pada tahun 1994, Morabito divonis 30 tahun penjara atas kasus impor nyaris satu ton kokain senilai US$ 13 miliar dari Brasil ke Italia. Demikian dilaporkan oleh surat kabar the Corriere della Sera.

Minniti mengatakan, pria itu diburu atas tuduhan terlibat dalam organisasi kriminal yang melakukan perdagangan narkoba internasional.

Sementara itu, menurut kuasa hukumnya, Morabito tiba di Uruguay pada tahun 2002 dan sejak tahun 1994 ia telah menjalani kehidupan normal. Ia juga diklaim tidak terlibat dalam kegiatan kriminal sejak itu.

Selama menunggu permintaan ekstradisi resmi dari pemerintah Italia, Morabito akan ditahan di Uruguay setidaknya tiga bulan terkait kasus dokumen palsu dan pencurian identitas.

“Morabito memainkan peran utama dalam perdagangan kokain antara Amerika Selatan dan Milan, titik distribusi obat tersebut untuk dijual di tempat lain,” kata Kepala Jaksa wilayah Calabria, Federico Cafiero de Raho.

Ia juga menggambarkan Morabito sebagai “tokoh kunci” di Ndrangheta, organisasi mafia yang mengendalikan sebagian besar perdagangan kokain di dunia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here