Kiswah Baru Kabah Dipasang di Hari Arafah

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Makkah – Sebagaimana sebelumnya, Kiswah (penutup) Kabah kembali diganti. Penggantian Kiswah ini dilakukan pada hari Arafah, Kamis (31/8) lalu, bersamaan dengan jemaah haji sedang menjalani ibadah wukuf.

Dikutip dari Saudigazette, Senin (4/9), Kiswah Kabah terdiri dari lima bagian, yaitu: empat sisi Kabah dan tirai pintunya. Kain Kiswah terbuat dari sutra impor. Untuk membuat Kiswah ini, dibutuhkan hampir 650 kg sutra murni.

Kiswah ini dirancang khusus lebih dari 200 karyawan Arab Saudi di sebuah pabrik yang didirikan oleh Kerajaan di wilayah Umm Al-Joud, Makkah. Kiswah memiliki tinggi 14 meter dan lebar 47 meter. Bagian atasnya dihiasi ayat-ayat Alquran selebar 95 cm, bertuliskan benang perak berlapis emas yang memiliki berat 120 kg.

Atas nama penjaga dua Masjid Raja Salman, Emir Makkah dan penasehat penjaga dua Mesjid Suci Pangeran Khaled Al-Faisal telah menyerahkan Kiswah baru ini kepada senior penjaga Ka’bah Saleh Al-Shaibi. Penyerahan itu dilakukan di sebuah upacara yang berlangsung di kantor Emirat di Jeddah pada 23 Agustus lalu (1 Zulhijjah).

Menurut Kepala Daerah Kerja Makkah Nasrullah Jasam, kiswah yang lama nantinya akan dipresentasikan sebagai hadiah untuk negara-negara Muslim dan tokoh-tokoh Muslim senior.

“Detailnya kepada siapa saya kurang paham. Tetapi biasanya diberikan sebagai bentuk penghormatan Kerajaan Arab Saudi,” ujarnya. (ka)

 

- Advertisement -

Berita Terkini