Foto: Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melempar jumrah aqabah di Jamarat, Jumat (1/9).
Foto: Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melempar jumrah aqabah di Jamarat, Jumat (1/9).

MUDANEWS.COM, Makkah – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ternyata pernah menjadi petugas haji di Arab Saudi. Kepada tim Media Center Haji (MCH), Menag berbagi cerita tentang pengalamannya saat menjadi petugas haji 26 tahun lalu.

“Saat itu, tugas saya adalah memberikan penjelasan kepada jemaah haji Indonesia tentang kondisi di Makkah. Penjelasan itu saya sampaikan di bus, setibanya mereka di pemondokan,” kata Menag di Makkah, Senin (4/9).

Layaknya guide tour, Menag Lukman menjelaskan banyak hal tentang Kota Makkah kepada jemaah, mulai dari suhu sampai pelaksanaan teknis rangkaian ibadah haji.

Sedang asyik memberikan penjelasan, tiba-tiba jemaah yang duduk di kursi bus barisan belakang memintanya untuk berhenti. Menag mengaku sempat kaget karena penjelasannya dipotong.

“Sudah-sudah mas, tidak usah panjang lebar. Angkut koper saya di belakang,” ujar jemaah tersebut kepada Lukman muda.

Mendengar itu, Menag Lukman mengaku langsung tersenyum dan menghentikan penjelasannya.

Kisah ini menjadi salah satu kenangan saat Menag Lukman menjadi petugas haji. Kisah ini bahkan membuatnya tertawa saat menceritakannya kembali.

Kira-kira jemaah haji yang dulu meminta Lukman angkat koper masih ingat tidak ya? Lukman Hakim yang dulu dimintanya mengangkat koper untuk dimasukan ke pemondokan, kini adalah Menteri Agama yang juga Amirul Hajj.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here