Masjidil Haram relatif lengang pada hari penutupan layanan Bus Shalawat. (foto: istimewa)
Masjidil Haram relatif lengang pada hari penutupan layanan Bus Shalawat. (foto: istimewa)

MUDANEWS.COM, Makkah – Layanan bus shalawat berhenti sementara mulai hari ini, Minggu (27/8), pukul 12.00 waktu Arab Saudi (WAS). Berhentinya layanan sementara ini ikut berdampak pada kepadatan jemaah haji di Masjidil Haram.

Jelang masuk waktu Zuhur, suasana Masjidil Haram nampak lebih sepi dari hari-hari sebelumnya. Tampak hanya ada beberapa bus saja yang menurunkan maupun menaikan jemaah di terminal Bab Ali.

“Suasana thawaf pun nampak lebih sepi dari hari-hari biasanya. Penumpukan hanya terjadi di rukun Hajar Aswad tempat dimulainya thawaf, seiring berkumpulnya jemaah yang ingin mencium Hajar Aswad,” ujar Syamsudin, salah satu jemaah asal Jakarta yang tinggal di pemondokan wilayah Mahbaz Jin melalui pesan pendek.

Syamsudin mengaku berangkat dari pemondokan sekitar jam 10.00 WAS, untuk salat Zuhur berjamaah di Masjidil Haram, dengan berjalan kaki. Hotel tempat menginap Syamsudin di Mahbas Jin terbilang dekat, hanya berjarak 2km ke Masjidil Haram.

Jalan kaki juga dimungkinkan karena jalurnya melalui terowongan sehingga tidak terkena panas matahari. Tiga puluh menit berjalan, Syamsudin tiba di Masjidil Haram. “Saat ini saya masih di Masjid untuk menunggu jemaah Asar,” ujarnya.

Syamsudin tahu kalau layanan bus shalawat sudah dihetinkan sejak pukul 12.00 WAS, sehingga dirinya akan pulang dengan moda transportasi umum yang ada di sekitar Masjidil Haram.

Karena alasan kepadatan di Kota Makkah dan persiapan pergerakan jemaah ke Arafah-Muzdalifah-Mina (Armina), layanan bus shalawat dihentikan sementara mulai siang ini. Layanan bus yang mengantar jemaah dari hotel ke Masjidil Haram akan kembali beroperasi pada 6 September mendatang, usai puncak haji.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sejak beberapa hari terakhir mengeluarkan imbauan agar jemaah beristirahat di pemondokan guna mempersiapkan stamina jelang wukuf di Arafah. (ka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here