Fase Kedatangan 251 Kloter Jemaah Indonesia di Madinah Berakhir

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Madinah – Fase kedatangan jemaah haji Indonesia di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah sudah berakhir. Jemaah kloter 29 Embarkasi Jakarta – Pondok Gede menjadi rombongan terakhir yang mendarat di Madinah pada 03.42 waktu Arab Saudi (WAS).

Tidak berapa lama sebelumnya, jemaah kloter 8 Embarkasi Palembang mendarat (PLM 08) pukul 03.35 (WAS), disusul kemudian jemaah kloter 47 Embarkasi Solo (SOC 47) pukul 03.38 WAS.

Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) SOC47 Meery Tyas mengaku senang kloternya menjadi salah satu penutup kedatangan jemaah haji Indonesia di Bandara Madinah. Meski pergi bersama 270 jemaah yang masuk kategori resiko tinggi (risti), ia bersyukur selama perjalanan lebih tidak mengalami banyak kendala.

“Biasa sih, paling tadi ada yang pusing dan mual. Yah, lancar-lancar aja. Senanglah melihat jemaah di pesawat sehat, semua senang,” ujarnya, Sabtu (12/8).

Hari terkahir layanan kedatangan, petugas menggunakan shift panjang hingga 16 jam. Sebab, sebagian tim sudah berangkat ke Jeddah untuk menyambut kedatangan jemaah haji gelombang dua.

“Tim sudah ke Jeddah sebagian. Kami yang di Madinah, meski lelah, tapi tetap komitmen. Jadi semua lancar,” ujar Sekretaris Sektor 2 Daker Bandara Ubaidilah Marsudi.

Rilis data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) menyebutkan, total 251 kloter telah mendarat di Madinah sepanjang 15 hari fase kedatangan jemaah. Ada 102.066 jemaah haji yang tiba, terdiri dari 100.811 jemaah dan 1.255 petugas kloter. (ka)

- Advertisement -

Berita Terkini