PPIH Siagakan TPP dan TGC di Masjid Nabawi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Madinah – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menempatkan Tim Promotif dan Preventif (TPP) serta Tim Gerak Cepat (TGC) di beberapa pos areal Masjid Nabawi.

Penempatan kedua tim ini untuk bersinergi dengan petugas Perlindungan Jemaah (Linjam) dan Sektor Khusus Masjid Nabawi dalam membantu pelayanan terhadap jemaah haji Indonesia.

Jumlah jemaah haji Indonesia di Madinah terus bertambah. Rilis Siskohat hari ini, lebih dari 53ribu jemaah sudah berada di Kota Nabi. Suasana salat lima waktu di Masjid Nabawi semakin padat dan jumlah jemaah yang lupa jalan pulang atau dimensia juga bertambah.

Menyikapi hal ini, Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan, Eka Jusuf Singka, meminta TPP dan TPV bersinergi dengan petugas Sektor Khusus Masjid Nabawi dalam membantu jemaah haji yang mengalami dimensia.

“Khusus Tim TPP dan TGC yang bertugas di lingkungan Masjid Nabawi agar memberi perhatian kepada jemaah yang sering lupa, akibat dimensia ini, terutama setelah shalat dzuhur dan shalat isya,” katanya, Sabtu (5/8).

Kepala Bidang Kesehatan PPIH Arab Saudi, Etik Retno Wiyati mengatakan, keberadaan TPP dan TGC diperlukan untuk memberikan pertolongan pertama manakala dibutuhkan. Jika terdapat permasalahan kesehatan, TGC akan melakukan penanganan medis dan selanjutnyanya dinilai, apakah dikembalikan ke kloter atau perlu penanganan lanjut dirujuk KKHI ataupun RSAS.

“Bila memerlukan rujukan, TGC akan menggerakkan ambulans terdekat untuk menjemput jemaah dan merujuk sesuai kondisi medisnya, apakah RSAS atau KKHI,” ujarnya. (ka)

 

- Advertisement -

Berita Terkini