389 Jemaah Indonesia Tiba Perdana di Madinah

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Madinah – Sebanyak 389 jemaah Indonesia tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

Kedatangan jemaah yang tergabung dalam kloter pertama embarkasi Medan (MES 01) ini disambut Wakil Duta Besar Republik Indonesia di Riyad Sunarko, Konsul Jenderal RI di Jeddah M Hery Saripuddin, Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi A Dumyathi Basori, Kadaker Bandara Arsyad Hidayat, dan petugas daker.

Jemaah tiba pukul 11.10 waktu Arab Saudi (WAS) dengan pasawat Garuda Indonesia. Kedatangan ini 25 menit lebih awal dari yang dijadwalkan, yaitu 11.35 WAS.

Setelah proses imigrasi, mereka dibawa menuju Paviliun III Bandara AMAA yang menjadi ruang transit khusus bagi jemaah haji Indonesia. Seremonial penyambutan dilakukan di paviliun yang dilengkapi fasilitas kursi duduk jemaah, mushalla, toilet, dan kafetaria.

Ketua Kloter MES 01 Mustafid Mahmud Ahmad menyampaikan rasa gembiranya telah sampai di Madinah.

“Kami adalah tamu pertama yang datang di Madinah. Rasa capek dan lelah yang dirasakan sejak kemarin (hilang) begitu tiba di bandara Madinah,” ujarnya saat didaulat memberi sambutan mewakili jemaah di Bandara Madinah, Jumat (28/7).

“Ucapkan terima kasih kepada bapak-bapak yang telah menyambut kami. Kami yakin yang dilakukan demi untuk menyambut tamu Allah,” sambungnya.

Menurutnya, jemaah MES 01 awalnya berjumlah 393. Hanya karena alasan medis, ada jemaah yang tertunda keberangkatannya sehingga total yang berangkat 389 orang.

Dari jumlah itu, kata Mustafid, 127 jemaah rata-rata usianya di atas 58 tahun dengan usia tertua 83 tahun.

“Mudah-mudahan orangtua kita diberi kekuatan dan kesehatan bisa melaksanakan ibadah haji sampai selesai,” harapnya.

Ada 11 kloter yang dijadwalkan akan tiba di Madinah sepanjang hari ini, dengan estimasi total keberangkatan berjumlah 4.524 jemaah. Mereka diterbangkan ke Madinah dari 7 Embarkasi, yaitu: Medan (MES), Jakarta-Pondok Gede (JKG), Jakarta Bekasi (JKS), Surabaya (SUB), Solo (SOC), Padang (PDG), dan Ujung Pandang (UPG). (ka)

 

- Advertisement -

Berita Terkini