Hari Kedua di Turki, Presiden Jokowi akan Bertemu Presiden Erdogan di Istana Kepresidenan Turki

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Ankara – Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan bertemu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di hari kedua kunjungannya di Ankara, Turki, Kamis (6/7).

Namun sebelumnya, Presiden juga dijadwalkan akan mengunjungi Masjid Kotacepe di pusat kota Ankara dan bertemu dengan para ulama setempat.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangannya kepada wartawan mengatakan, dalam kesempatan itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan melakukan sambutan resmi kenegaraan atas kunjungan Presiden Jokowi ke Turki.

Selanjutnya, kedua kepala negara akan melakukan pertemuan yang sifatnya lebih terbatas yaitu pertemuan tete-a-tete (empat mata), yang dilanjutkan dengan pertemuan bilateral secara lebih luas.

“Acara kemudian akan dilanjutkan dengan penandatanganan sejumlah nota kesepahaman, antara lain di bidang perdagangan dan kesehatan,” kata Retno kepada wartawan di lobi hotel tempat Presiden Jokowi dan rombongan menginap selama di Ankara.

Menurut Menlu, ada dua nota kesepahaman yang akan ditandatangani, yang pertama kerja sama di bidang kesehatan dan kedua peluncuran negosiasi Indonesia-Turkey Comprehensive Economic Partnership Agreement atau kita singkat IT-CEPA.

Kedua pemimpin tersebut, lanjut Menlu, juga direncanakan akan menggelar pernyataan pers bersama sebelum acara Jamuan Santap Siang Kenegaraan dimulai.

Bertemu Pengusaha
Menlu Retno Marsudi menambahkan, setelah acara di Istana Kepresidenan Turki selesai, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menerima sejumlah CEO Turki yang bergerak di bidang pertahanan, industri perkapalan, dan energi di Hotel JW Marriot, Ankara.

Setelah itu, Presiden akan menghadiri pertemuan terbatas dengan 25 CEO Turki di tempat yang sama.

“Presiden akan bertemu dengan kalangan bisnis yang lebih luas. Kita tidak mengundang banyak orang, tetapi hanya perusahaan-perusahaan besar yang sudah memiliki minat yang sudah sangat tinggi untuk melakukan kerja sama dengan Indonesia,” ungkap Retno.

Pada sore harinya, Presiden Jokowi dan rombongan akan menuju Bandar Udara Internasional Esenboga, Ankara untuk kemudian bertolak menuju Hamburg, Jerman untuk menghadiri KTT G20 keesokan harinya.

Sebelumnya, pada Kamis (6/7) pagi, Presiden Jokowi dijadwalkan akan mengawali agendanya dengan kunjungan ke Mausoleum Ataturk (Anitkabir) yang merupakan makam Mustafa Kemal Ataturk, tokoh pendiri dan Presiden pertama Republik Turki. Di sana Presiden akan meletakkan karangan bunga yang merupakan salah satu acara rangkaian kunjungan kenegaraan di Turki.

Setelah dari Anitkabir, Presiden kemudian akan menuju Masjid Kotacepe, masjid terbesar di Ankara untuk bersilaturahmi dengan para ulama dan tokoh muslim Turki dan juga masyarakat Indonesia yang berada di Turki.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi dalam kunjungan ini antara lain Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Kepala BKPM Thomas Lembong, dan Kepala BNPT Suhardi Alius. (ka)

 

 

- Advertisement -

Berita Terkini