Truk Tentara di Thailand Dibom, Enam Tewas

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Pattani – Enam prajurit Thailand tewas dan empat lainnya terluka saat bom pinggir jalan menghancurkan kendaraan patroli mereka di wilayah selatan negara yang dilanda pemberontakan, Senin (19/6).

Bom menghantam sebuah mobil jenis pick-up yang membawa sepuluh tentara di sepanjang jalan provinsi Pattani.

“Ledakan terjadi sebelum tengah hari, menewaskan enam orang dan melukai empat lainnya,” kata Preuk Liengsuk, Kepala Kepolisian Distrik Thung Yang Daeng, seperti dilansir AFP.

Thailand selatan yang mayoritas penduduknya Muslim telah dilanda gelombang aksi kekerasan sejak satu dekade terakhir. Kekerasan berasal dari pemberontakan sejumlah grup etnis Malay yang menginginkan lebih banyak otonomi dari pemerintahan pusat Thailand.

Penembakan dan pengeboman di Thailand selatan telah menelan lebih dari 6.800 jiwa sejak 2004. Pemberontak dan pemerintah saling menyalahkan atas jatuhnya banyak korban jiwa.

Junta militer Thailand telah berusaha mendorong kembali dialog damai dengan para pemberontak sejak kudeta 2014. Namun negosiasi relatif mandek dan gelombang serangan pun berlanjut di wilayah selatan.

Pemerintah Thailand tidak yakin negosiator pemberontak mampu mengendalikan anak buahnya di lapangan. Sementara pemberontak tidak memercayai bahwa Junta akan memberikan kekuasaan otonomi kepada mereka dalam waktu dekat.

Meski sebagian besar membidik prajurit dan polisi, pemberontak juga kerap menyerang guru, pejabat lokal atau bahkan warga sipil yang dianggap sebagai kaki tangan pemerintah.

Mei lalu, pengeboman oleh pemberontak di Pattani menewaskan sedikitnya 40 orang di luar sebuah supermarket. (ka)

 

- Advertisement -

Berita Terkini