Seruan Menanam Pohon Pemimpin Thaliban Dianggap Pengalihan Isu Oleh Pemerintah

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANews.com, Afghanistan – Kepada seluruh warga Afghanistan dianjurkan untuk memperindah dan memberi kemanfaatan kepada bumi ciptaan Allah dengan menanam satu atau beberapa pohon.

Hal tersebut disampaikan oleh Haibatullah Akhundzada, Pemimpin Taliban di Afghanistan kepada seluruh masyarakat.

Ia menyerukan kepada seluruh masyarakat sipil untuk menanam satu atau beberapa batang pohon .

“Pohon memainkan peran yang sangat penting untuk melindungi lingkungan, pembangunan ekonomi, dan untuk memperindah Bumi,” kata Akhundzada, seperti dilansir BBC, Senin (27/2)

Ia menyampaikan bahwa menanam pohon dan bercocok tanam merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi dunia dan kelak akan memperoleh pahala di akhirat.

Sperti diketahui saat ini deforestasi terhadap hutan di Afghanistan merupakan masalah yang serius. Di mana pohon-pohon di Afghanistan ditebangi secara gelap baik untuk pemanas ruangan maupun dijual secara gelap (ilegaloging).

Namun pernyataan Akhundzada tersebut dinilai sangat ganjil dikarenakan hal ini (seruan menanam pohon) merupakan hal yang sangat jarang terjadi.

Sementara itu pria yang diangkat sebagai pemimpin Thaliban  pada bulan Mei 2016 lalu itu lebih dikenal sebagai pemuka agama dari pada pemimpin perang.

Secara khusus seruan untuk menanam pohon ini di umumkan pada hari Minggu (26/2) melalui berbagai saluran resmi kelompok Thaliban.  Hal ini dinilai tidak sesuai dengan apa yang terjadi selama ini terhadap kelompok Thaliban, di mana biasanya seruan yang disampaikan terhadap kelompok ini adalah seruan untuk memerangi pemerintah atau pendukung NATO dan koalisinya.

Hal ini pun mengundang perhatian pemerintah Afghanistan. Melalui Juru Bicara Presiden Ashraf Ghani, Shah Hussain Murtazawi, pemerintah menilai hal ini merupakan sebuah ‘pengalihan isu’ terhadap kejahatan dan penghancuran yang dilakukan oleh kelompok Thaliban selama ini.[jo]

- Advertisement -

Berita Terkini