Net

MUDANews.com, India – Sebuah maskapai penerbangan di India bernama Air India telah memperkenalkan area khusus wanita di pesawatnya. Seperti di moda transportasi lainnya, tujuan area khusus wanita di maskapai itu juga untuk menghindari terjadinya pelecehan seksual yang kerap terjadi di penerbangan, terutama di jalur domestik.

Peraturan baru itu tidak begistu saja dikeluarkan oleh Air India. Peraturan dikeluarkan setelah dua wanita melaporkan pelecehan seksual di dalam pesawat. Bahkan kedua laporan itu hanya berjarak dua minggu.

Mengutip CNN yang melansir Times of India, selain area khusus wanita, Air India juga mengizinkan kru kabin membawa borgol plastik untuk menahan pelaku pelecehan seksual selama penerbangan berlangsung.

Area khusus wanita ini bisa dipilih penumpang tanpa adanya tambahan biaya.

Sayangnya, kursi khusus perempuan itu, saat ini masih terbatas. Hanya berjumlah enam kursi di baris ketiga kabin ekonomi.

“Sebagai maskapai nasional, kenyamanan penumpang merupakan tanggung jawab kami, terlebih juga keamanan bagi penumpang perempuan. Kini, banyak wanita yang bepergian sendirian dan kami menyediakan kuris khusus bagi mereka,” terang Humas Air India Meenakshi Malik.

Kendati Air India bertujuan baik, banyak yang mengkritik peraturan tersebut seksis.

Niat Air India untuk melakukan hal baik itu tidak serta merta berjalan mulus begitu saja. Terdapat kritik dari beberapa pihak. Salah satunya adalah D. Sudhakara Reddy dari Air Passengers Association of India.

Ia menyebutkan bahwa kursi khusus perempuan di Air India adalah peraturan yang tidak praktis dan hanya akan menimbulkan diskriminasi gender.

Di sisi lain, ini juga bukan kritik pertama kalinya bagi Air India atas kesetaraan gender. Sebelumnya, pada 2015, Air India dikritik karena menolak ratusan calon pramugari akibat berat badan yang tidak sesuai standar.[am]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here