Luncurkan 104 Satelit dalam Satu Misi, India Torehkan Sejarah

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANews.com, Sriharikota (India) – India berhasil menorehkan sejarah setelah berhasil meluncurkan 104 satelit dalam satu misi, Rabu (15/2). Unggul jauh dari pemegang rekor sebelumnya, yaitu Rusia dengan 37 satelit pada 2014 silam, sebagaimana dilansir BBC.

Dari 104 satelit yang diluncurkan dari pusat antariksa India di Kota Sriharikota itu, sebanyak 3 satelit milik India, sisanya berasal dari negara-negara lain.

Dengan adanya torehan sejarah yang dibuat India tersebut, para pengamat mengatakan bahwa India muncul sebagai pemain utama dalam pasar antariksa bernilai multimiliar dolar.

Salah satu satelit milik India yang ikut diluncurkan, kartografi, diyakini mampu mengambil gambar dengan resolusi tinggi. Satelit iini dirancang termasuk untuk memantau wilayah para seteru India, yaitu Pakistan dan Cina.

Bahkan, Pemerintah India juga telah meningkatkan anggaran untuk program luar angkasa tahun ini dan mengumumkan rencana untuk mengirim misi ke planet Venus.

Untuk diketahui, selama dua dasawarsa terakhir, India telah menjadi pemain kunci di pasar antariksa komersial yang menguntungkan karena berani menawarkan biaya murah.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini