Jenderal Irak Klaim Sebagian Besar Komandan ISIS Tewas dalam Tiga Bulan Terakhir

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANews.com, Irak – Jenderal Militer Irak, Letnan Jenderal Abdul Ghani Al-Assadi mengungkapkan bahwa sebagian besar komandan ISIS telah tewas dalam pertempuran melawan pemerintah Irak di kurun waktu tiga bulan ini.

“Insya Allah akan ada pertemuan dalam beberapa hari mendatang yang dihadiri oleh semua komandan yang berhubungan dengan operasi pembebasan,” katanya kepada Reuters, Rabu (17/1).

Namun ia juga mengaku bahwa perjuangan belum selesai sebab militer Irak masih harus berjuang merebut kembali sisi barat Mosul yang saat ini berada di bawah kontrol ISIS.

“Ini tidak akan sesulit dari apa yang sudah kita lihat sebelumnya. Mayoritas komandan ISIS sudah tewas di sisi timur,” tambahnya.

Sejak akhir tahun 2015, pasukan pemerintah dibantu oleh koalisi udara pimpinan Amerika Serikat sudah merebut kembali sebagian besar wilayah utara dan barat.

“Insya Allah akan ada pengumuman dalam beberapa hari ke depan bahwa semua tepi timur sudah terkendali,” kata Assadi.

Sedangkan pada Kamis (19/1) kemarin, pasukan militer Irak berhasil merebut Niniveh Oberoy hotel, atau sering disebut sebagai area istana di tepi timur Sungai Tigris. Begitu juga dengan Tel Kef, sebuah kota kecil di utara, telah berhasil direbut kembali.

Perdana Menteri Haider al-Abadi juga mengatakan hal serupa bahwa ISIS saat ini sangat lemah di Mosul. Atas kondisi itu, militer Irak mulai bergerak melawan ISIS untuk mendapatkan kota kedua terbesar di Irak bagian barat ini.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini