Warga Pangkalan Dodek Pusing, Akibat Sipembuka Lahan, Air Sungai Masuk Pemukiman

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Batubara – Setiap 2 minggu sekali area rumah warga di Lingkungan I Pangkalan Dodek, Kecamatan Medang deras di genangi air. Genangan air itu diduga datang dari perairan sungai terdekat, yang membanjiri halaman rumah hingga lebih kurang 1/2 Meter, bahkan lebih parahnya, ada juga rumah yang dimasuki genangan air.

Saat ditanyai oleh awak media, Minggu (02/08/2019) salah satu warga mengungkapkan bahwa hal ini sudah menjadi rutinitas mereka dalam setiap bulan.

“Iyalah, setiap 2 minggu sekali masuk air kesini, pokoknya setiap pasang besarlah, sekitar 1/5 Meter ada lah (selutut) coba cek aja disamping ruma,” ungkap Salim (akrab disapa Sunggal) pada Wartawan (04/08/2019) sekira pukul 18.20 WIB.

Akibatnya, banyak masyarakat hanya geleng-geleng kepala melihat kejadian yang menimpa mereka.

“Pusinglah kita ni, setiap pasang capek kita kuras air, udah macam kolam aja udah,” ucap Sunggal yang juga merupakan agen kepiting setempat.

Masih soal kondisi yang sama, Tokoh Masyarakat di lingkungan itupun ikut berkomentar, menurut nya genangan air hingga 1/2 Meter itu terjadi karena adanya pembukaan lahan.

“Ini akibat pembukaan lahan dibelakang sana, hari itu dibukak lahan, ya memang lahan dia, tapi maunya janganlah ditutup semua, itulah buat air ini gak mau keluar,” pungkas Fyan Hadinata, saat dikonfirmasi, Minggu (04/08/2019).

Hendaknya dalam pembuatan lahan sawit dibelakang harus disertai dengan pembuatan parit. “Tidak ada pulak paritnya, maunya dibuat lah, supaya air yang masuk itu bisa ke parit, dan kalau pun masuk, gak separah ini jadinya,” cetus warga.

Warga Pangkalan Dodek Pusing, Akibat Sipembuka Lahan, Air Sungai Masuk Pemukiman
Salim (42 Th) LK I P.Dodek

Mereka menegaskan hal ini jangan dianggap sepele. “Ini jangan di anggap sepele, nanti kalau dibiarkan habis nanti, nyebrang airnya setiap pasang tenggelam aspal tempat lintas ini” pungkasnya.

Harap mereka pada pemilik tanah dan lahan itu segeralah bertanggung jawab. “Siapa yang punya tanah itu, ini masih kita selidiki dulu, pokoknya tanggung jawablah dia ini,” ungkap Fyan.

Warga Pangkalan Dodek Pusing, Akibat Sipembuka Lahan, Air Sungai Masuk Pemukiman
Kondisi Area Pemukiman Warga Pangkalan Dodek.

Kepada Pemerintah mereka berharap agar ambil andil. “Pemkab Batubara melalui dinas terkait harus ambil andillah,” tandasnya. Berita Batubara, AR

- Advertisement -

Berita Terkini