Dinas Kesehatan Sergai, Perkenalkan Aplikasi SI KARBU LIHAT
Sekretaris Dinas Kesehatan Sergai dr Helminur Sinaga M. Kes yang juga peserta PIM 3 Puslitbang LAN RI Aceh mensosialisasikan Proyek Perubahan Aplikasi Si Karbu Lihat di Aula Rapat Puskesmas Plus Perbaungan Kelurahan Simpang Tiga Pekan Kecamatan Perbaungan, Sergai, Selasa (30/7/2019).

MUDANEWS.COM, Serdang Bedagai – Dinas Kesehatan Serdang Bedagai (Sergai) perkenalkan proyek perubahan dalam sistem pendataan Ibu Hamil dengan Aplikasi SI KARBU LIHAT atau disingkat Sistem Informasi Kartu Ibu Bersalin Sehat. Penerapan proyek perubahan difokuskan di Tiga Puskesmas yakni Puskesmas Tanjung Beringin, Puskesmas Perbaungan, dan Puskesmas Pegajahan.

Demikian disampaikan Sekretaris Dinkes Sergai dr Helminur Sinaga MKes yang juga peserta PIM 3 Puslitbang LAN RI dalam sosialisasi SI KARBU LIHAT bertempat di Puskesmas Plus Perbaungan Kelurahan Simpang Tiga Pekan Kecamatan Perbaungan, Sergai, Selasa (30/7/2019).

Ditambahkan Helminur, bahwa penting dilakukan terus kemitraan pemerintah dengan masyarakat dalam meningkatkan cakupan persalinan di Puskesmas lewat sistem Informasi Kartu Ibu Bersalin Sehat (Si Karbu Lihat) yang ada di Dinas Kesehatan. Sistem ini akan meningkatkan peran serta seluruh jajaran pemerintahan dan masyarakat dalam meningkatkan cakupan persalinan di fasilitas kesehatan yang berstandar sehingga dapat mewujudkan zero AKI, zero AKB, Stunting dan Gizi Buruk di Kabupaten Serdang Bedagai,” pungkasnya.

Sebelumnya Kabid Kesmas Dinkes Sergai drg Tatik Iswandari menyambut positif proyek perubahan peningkatan pelayanan ibu dan anak melalui aplikasi Si Karbu Lihat ini. Hal ini sejalan dengan Perbup No. 12 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan pelayanan persalinan, pelayanan kesehatan ibu dan bayi pada fasilitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Serdang Bedagai. Diharapkan kepada ibu hamil untuk selalu mengakses fasilitas kesehatan yang berstandar baik itu poskesdes atau puskesmas untuk mengontrol kesehatan ibu dan anak.

“Peranan Camat, Ibu PKK, ibu Kades, Kader Posyandu, Bidan menjadi ujung tombak dalam upaya mendorong para Ibu Hamil untuk memanfaatkan Faskes Puskesmas,” ungkapnya. Berita Serdang Bedagai, red