Dinas Kesehatan Tapteng
Foto: Dinas Kesehatan Tapteng, bersama tenaga medis saat berada di Pulau Mursala melakukan pengobatan umum.

MUDANEWS.COM, Tapteng – Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), laksanakan pelayanan kesehatan daerah terpencil ke Pulau Mursala, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapteng, Minggu (20/8/2017), dengan melakukan pengobatan langsung, pemberian MP-ASI untuk balita dan ibu hamil, obat cacing, kelambu dan penyuluhan perilaku hidup bersih.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Tapteng, Freddy Situmeang, S.Sos, M.Kes, melalui Kepala Seksi Pemberantasan Penyakit Menular (P2M) Ewi Laia, saat ditemui Awak Media diruang kerjanya, Senin (21/8/2017).

“Kita melaksanakan pelayanan kesehatan daerah terpencil, yang dimana tujuan kita adalah Pulau Mursala. Disana kita melakukan pelayanan pengobatan umum, dan disamping itu kita juga memberikan MP-ASI untuk balita dan ibu hamil, memberikan obat cacing yang sasaran kita usia 1 sampai 12 tahun dan obat cacingnya langsung diminum ditempat,” katanya.

Sambungnya, untuk penanggulangan penyakit malaria di Pulau Mursala, Kecamatan Tapian Nauli, Dinas Kesehatan Tapteng juga membagikan kelambu serta melakukan penyuluhan perilaku hidup bersih kepada masyarakat.

“Untuk penaggulangan penyakit malaria kita membagikan kelambu kepada masyarakat yang ada di Pulau Mursala, dan kita juga melakukan penyuluhan perilaku hidup bersih,” ucapnya.

Lanjut Ewi, dilakukan Mass Blood Survey (MBS) Survei Darah Malaria, dari pemeriksaan yang dilakukan pada 82 orang masyarakat Pulau Mursala, dengan Rapid Diagnostic Test (RDT) ada 18 Orang yang positif penyakit malaria.

“Untuk yang 18 Orang Positif Malaria, kita langsung melakukan pengobatan. Seluruh masyarakat mengikuti pengobatan umum yang dilaksanakan Dinas Kesehatan disana. Ada juga masyarakat yang konsultasi langsung mengenai kesehatan dengan Dokter yang kita bawa,” terangnya. Berita Tapteng, Arjuna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here