Dinas Kesehatan Tapteng
Foto: Sosialisasi STMB dan PROMKES Dinas Kesehatan Tapteng.

MUDANEWS.COM, Tapteng – Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), laksanakan sosialisasi program Senitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan Promosi Kesehatan (PROMKES), yang bertujuan untuk mewujudkan 12 indikator keluarga sehat di Kabupaten Tapteng, Kamis (10/8/2017), di Ballroom Pia Hotel Pandan.

Dalam sambutannya, Freddy Situmeang, S.Sos, M.Kes, menjelaskan bahwa 12 indikator keluarga sehat masih merupakan masalah kesehatan yang menjadi tantangan bagi jajaran kesehatan di Kabupaten Tapteng.

“Dua belas indikator keluarga sehat ini merupakan masalah dan menjadi tantangan bagi kita jajaran kesehatan, dimana angka cakupan KIA, Gizi, perilaku hidup bersih sehat dan lingkungan sehat, masih tergolong rendah,” jelas Freddy.

Menurutnya, hal itu merupakan tantangan atau tugas berat bagi jajaran kesehatan di Kabupaten Tapteng, agar segera menanggulangi masalah seperti ibu hamil yang belum memeriksa kehamilannya sesuai standar dan lain sebagainya, demi mewujudkan 12 indikator keluarga sehat.

“Mari segera tanggulangi masalah tersebut, seperti ibu hamil yang belum memeriksa kehamilannya sesuai standar, pemberian asi eksklusif yang rendah, pemantauan pertumbuhan balita yang kurang, anggota keluarga yang merokok, belum memiliki sarana air bersih dan buang air besar sembarangan, inilah yang harus menjadi perhatian kita sebagai tenaga kesehatan di Kabupaten Tapteng,” terangnya.

Ditegaskannya, untuk mewujudkan 12 indikator keluarga sehat di Kabupaten Tapteng, Dinas Kesehatan melaksanakan sosialisasi program STBM, program PROMKES, program pemantauan pertumbuhan dan perkembangan.

“Untuk kedepan mari kita bergandengan tangan, sama-sama bekerja. Lebih aktif dan giat lagi turun kelapangan melaksanakan, mengevaluasi, dan menindak lanjuti program-program tersebut,” tegasnya. Berita Tapteng, Arjuna

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here