Banjir Batubara 8 Desa
Foto : Terlihat beberapa warga yang sudah mengungsi di tenda pengungsian yang disediakan Dinas Sosial Kab.Batubara.

MUDANEWS.COM, Batubara – Banjir yang terjadi di Kabupaten Batubara sudah mulai merambah di kecamatan lainnya, khususnya wilayah Kecamatan Tanjung Tiram, ada dua desa yang terendam banjir di antaranya Desa Tanjung Mulia dan Sei Mentaram.

Selain dua Desa tersebut, enam desa lainya yang juga mengalami dampak yang cukup para di Kecamatan Sei Balai, dimana enam Desa itu diantaranya Desa Perjuangan, Desa Perkebunan Sei Balai, Desa Sei Balai, Desa Kaula Sikasim, Desa Mekar Baru dan Desa Sido Mulyo.

Demikian dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batubara Nasir Yohanan, Senin (15/5/2017), kepada MUDANEWS.COM menjelaskan, bahwa dari 14 desa yang ada di Kecamatan Sei Balai, terdata 6 desa yang parah terkena banjir yang tak kunjung usai.

Menurut Nasir, banjir kali ini bukan hanya terjadi di Kecamatan Sei Balai saja, namun, Kecamatan Tanjung Tiram juga terkena imbas diduga meluapnya air Sungai Asahan yang mengalir hingga ke Sungai Sei Balai, Kababupaten Batubara dan berdampak pada pemukiman maupun lahan pertanian warga .

“Kita sudah perintahkan seluruh anggota kita untuk selalu memantau perkembangan yang terjadi dilapangan”, jelas Nasir.

Terkait dampak banjir yang merendam rumah warga, BPBD sudah melakukan pengungsian untuk menghindarkan banjir susulan.

“Memang ada beberapa warga yang sudah melakukan pengungsian di titik-titik aman seperti di Kantor Desa Perjuangan yang menurut warga lebih aman karena datarannya cukup tinggi,” ungkap Nasir.

Lebih lanjut, “dilihat dari perkembangan dan intensitas air, diperkirakan dalam dua hari lagi air akan menyurut, dan itu pun kalau tidak terjadi hujan lagi, “ujarnya.

Pantauan wartawan dilokasi, sejumlah stacholder terkait dari pemkab Batubara sudah melakukan berbagai upaya bantuan, Dinas Sosial sudah mendirikan posko, Dinas Kesehatan memeriksakan kesehatan dan dinas terkait lainnya. Berita Batubara, Erwin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here