Lihat Banyaknya Gelondongan Kayu,Tim Kementerian Pastikan Penyebab Banjir Bandang Sidimpuan
Kondisi bantaran sungai pasca banjir bandang menerjang Kota Padang Sidempuan.

Laporan : Indra

MudaNews.com, Tapanuli Selatan (Sumut)– Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) mendesak agar Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi, untuk menindak tegas para pelaku pembalakan dan pembukaan kawasan hutan yang ada di wilayah itu.
“Saya berharap agar Gubernur Sumut, segera melakukan tindakan terhadap oknum-oknum yang melakukan perambahan dan pembukaan kawasan yang ada di wilayah Tapsel,” ujarnya kepada wartawan ketika ditemui di kantor Bupati Tapsel, Desa Kilang Papan, Sipirok, Tapsel, Selasa (04/04).
Dijelaskannya, Pemkab Tapsel tidak mempunyai kewenangan dalam melakukan tindakan, karena sudah diambil alih oleh Pemprov Sumut. Dia menilai, sudah saatnya pemerintah melakukan tindakan tegas terhadap oknum-oknum yang tidak bertanggung-jawab itu.
“Kami tidak memiliki kewenangan, karena sudah diambil alih oleh Provinsi Sumut,”tandas politisi asal Partai Golongan Karya (Golkar) itu.
Disebutkannya, apabila pihak provinsi memberikan kewenangan untuk menindaknya, maka Pemkab Tapsel akan selalu bersedia. Sayangnya, hingga saat ini belum ada pemberian kewenangan, sehingga pihaknya hanya bisa diam saja. Ketegasan pemerintah terhadap para pelaku harus ditunjukkan , sehingga menimbulkan efek jera.
“Kalau mereka (Pemprov SU) memberikan mandat, maka kami akan segera bertindak, namun masalahnya sampai sekarang belum ada,” tandas bupati yang sudah dua periode menjabat itu.
Saat disinggung adanya dugaan bahwa banyaknya oknum pejabat dan pengusaha yang melakukan pembukaan kawasan di wilayah Tapsel, Syahrul enggan menjawabnya. Menurutnya, sebagai kepala daerah dia tidak boleh menuding dan beropini, karena dia mempercayai penegak hukum.
Syahrul juga mengucapkan duka cita atas para korban banjir bandang baik yang berada di Tapsel maupun Kota Padang Sidimpuan.
“Saya turut berduka yang sedalam-dalamnya atas kejadian itu, semoga keluarga yang ditinggalkan dapat tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan,” imbuhnya. (ig)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here